get app
inews
Aa
Read Next : 50 Kata Bijak Tommy Jonathan Sinaga Tentang Cinta, Ngena Banget!

Kisah Sukses Tirto Utomo, Pendiri Aqua yang Pernah Jual Air Putih Lebih Mahal dari Bensin

Jum'at, 23 September 2022 | 13:00 WIB
header img
Kisah sukses Pendiri Aqua, Tirto Utomo. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Kisah sukses pendiri AQUA, Tirto Utomo menarik untuk diulas. Mengingat Tirto Utomo merupakan tokoh penting dalam sejarah berdirinya perusahaan air kemasan tersebut.

Tirto Utomo dikenal sebagai pendiri AQUA melalui PT Golden Mississippi pada 1973. Nama Tirto Utomo sudah tak asing lagi di dunia entrepreneur. Tirto Utomo lahir dari keluarga pengusaha.

Berdasarkan catatan Okezone, Senin (19/9/2022), Tirto Utomo mulai merintis bisnis air mineral kemasan pada 1973 dengan mendirikan pabrik di Pondok Ungu, Bekasi.

Bermodalkan Rp150 juta, Tirto Utomo mendirikan pabrik PT Golden Mississippi bersama adiknya. Merek produk awal bernama Puritas.

Kemudian, perusahaan memperkenalkan AQUA dengan kemasan 950ml dalam botol kaca dari pabrik yang berlokasi di Bekasi. Air kemasan itu dijual seharga Rp75 per botol.

Karyawan Tirto Utomo mulanya berjumlah 38 orang dan mampu memproduksi 6 juta liter pertahun. Untuk lebih fokus pada perusahaan pribadinya ini, Tirto Utomo memilih pensiun dini dari PT Pertamina.

Namun ketika produk pertama kali diluncurkan pada 1 Oktober 1974, Aqua banyak mendapatkan cibiran dari masyarakat indonesia yang terbiasa meminum air rebusan. Terlebih, minuman seperti Coca-Cola dan Sprite tengah digandrungi di Indonesia pada saat itu. Menjual air mineral tanpa rasa dianggap sebagai hal bodoh karena masyarakat Indonesia sebelumnya bisa minum air putih secara gratis.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut