get app
inews
Aa Read Next : BPJS Ketenagakerjaan Ajak Perusahaan Mitra Optimalkan Manfaat Jaminan Sosial di Platinum Gathering

Viral Perusahaan Pasang Kamera Tersembunyi di Toilet Karyawan, Netizen: Bagaimana dengan Privasi?

Rabu, 21 September 2022 | 10:00 WIB
header img
Viral perusahaan di China memasang kamera tersembunyi di dalam toilet karyawan. (Foto: Stathakis)

BEIJING, iNewsMedan.id - Viral perusahaan di China memasang kamera tersembunyi di dalam toilet karyawan. Hal itu pun mendapat kecaman dari netizen di media sosial.

Kasus ini mencuat setelah muncul kontroversi di China soal penggunaan toilet di kantor selama jam kerja.

Salah satu perusahaan teknologi di Kota Xiamen, Provinsi Fujian, dilaporkan memasang kamera di bagian atas bilik kamar mandi untuk memantau karyawan yang menggunakan ponsel.

Kasus ini terungkap setelah tangkapan layar dari rekaman kamera di toilet beredar di media sosial China hingga menjadi viral baru-baru ini. Seseorang mengenali latar belakang pada foto itu yakni toilet di sebuah perusahaan pemerintah yang memproduksi baterai lithium.

Foto-foto itu beredar disertai keterangan yang diduga dikeluarkan oleh departemen HRD. Diketahui dua karyawan dipecat dan satu lainnya dijatuhi hukuman berat serta poin kinerja bulanan mereka dipotong menjadi nol.

Setelah foto menjadi viral, media lokal mengonfirmasi foto itu ke perusahaan untuk meminta klarifikasi. Perusahaan pun membenarkan bahwa foto yang beredar merupakan hasil tangkapan layar dari kamera di toiletnya. Perusahaan menjelaskan tujuan pemasangan kamera yang baru dilakukan tahun ini tersebut bertujuan untuk memantau karyawan yang merokok di toilet.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut