get app
inews
Aa Read Next : Kronologi Sekeluarga Tertimpa Pohon Besar di Kebun Durian, 3 Tewas 2 Luka Ringan

5 Kebiasaan Unik Orang Medan yang Wajib Diketahui, Nomor 4 Surga Kuliner

Selasa, 23 Agustus 2022 | 16:00 WIB
header img
Masjid Raya Al Mashun Medan. (Foto: Jafar/iNewsMedan)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Artikel ini akan membahas soal 5 kebiasaan unik orang Medan.  Kebiasaan orang Medan bisa Anda pelajari jika akan berkunjung atau memiliki teman dari wilayah tersebut.

Medan merupakan salah satu kota terbesar yang ada di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Kota Medan juga cukup terkenal dan populer karena keanekaragaman budaya serta keindahan lainnya yang ditawarkan oleh kota yang dinaungi oleh Suku Batak. 

Berikut kebiasaan unik orang Medan; 

1. Sebut Motor dengan Kereta 

Kebiasaan unik orang Medan pertama yakni menyebutkan sepeda motor disebut dengan kereta. Penyebutan itu rupanya telah menjadi kebiasaan yang turun temurun dari nenek moyang, sehingga kebiasaan ini susah untuk diganti dengan kebiasaan lain.  

2. Dikira Galak, Padahal Orangnya Sangat Peduli 

Apabila dilihat dari logat dan intonasinya, memang benar kalau orang Medan berkarakteristik keras, dan suka ceplas ceplos. Hal ini juga sempat dibahas dalam akun YouTube Cameo Projec dengan judul Batak Banget. 

Rupanya, vokal bahasa yang bulat membuat orang Medan dikira galak. Orang Medan memang begitu gaya berbicaranya. Selain logatnya, terdapat juga hal unik lainnya dari orang-orang Medan yaitu penggunaan bahasa dan istilah untuk kita seperti dibolak-balik. Namun jika kita berbicara soal solidaritas dan rasa kepedulian, maka orang Medan tidak akan kalah dari suku lain.

3. Menjunjung Tinggi Persaudaraan  

Orang Medan yang mayoritas memiliki marga ini sangat menjunjung tinggi persaudaraan. Mereka bahkan bisa jadi suadara hanya dengan menyebutkan marga saat bertemu pertama kali. Hal ini biasa sangat kental bagi mereka yang merantau. 

4. Surga Kuliner 

Kota Medan dikenal dengan Surga Kuliner. Pastinya kalian akan dipuaskan dengan banyak sajian enak yang akan menggugah selera. Misalnya ada soto yang rasanya khas Medan, lemang, lontong Medan, mie gomak dan masih banyak yang lainnya. 

Pada dasarnya, orang Medan merupakan orang yang doyan makan dan senang dengan masakan rumahan. Oleh karena itu, orang Medan banyak yang membekali anak-anaknya dengan ilmu memasak. Sehingga lama-kelamaan kota Medan menjadi kota sejuta kuliner.

5. Medan Kota Durian 

Tentunya kalian pasti sudah tidak asing dengan julukan Medan sebagai kota Durian. Di sini banyak sekali orang yang menjual durian. Mulai dari truk durian, penjual memakai sepeda, becak, pikap, membuka lapak di pinggir jalan, bahkan menjual secara online siap antar ke tempat.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut