get app
inews
Aa Read Next : Daftar 6 Makanan yang Tidak Boleh Dihangatkan Kembali, Nomor 1 Telur Rebus

Ini 4 Cara Mengobati Sakit Mata dengan Mudah dan Sederhana

Senin, 22 Agustus 2022 | 16:30 WIB
header img
Cara mengobati sakit mata (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Berikut cara mengobati sakit mata dengan cara yang sederhana. Sebab, sakit mata bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. 

Kondisi ini tak jarang mengganggu dan membuat aktivitas menjadi tidak nyaman. Sebelum membahas cara mengobati sakit mata, Anda perlu tahu penyebabnya.

Sakit mata sendiri bisa disebabkan dari beberapa hal. Di antaranya saja iritasi, mata kering, dan lainnya. Sebab itu, kita perlu tahu penyebabnya agar bisa menyembuhkannya dengan maksimal. 

Mengutip dari situs Healthline dan D’Orio, ada beberapa cara mengobati sakit mata yang ampuh. Cara ini bisa juga dilakukan di rumah. Namun, pastikan Anda telah menghubungi dokter dan berkonsultasi sebelumnya. 

Nah, apa saja sih cara mengobati sakit mata? Berikut informasi selengkapnya, seperti dirangkum pada Senin (22/8/2022).

1. Air Garam (Saline)

Cara mengobati sakit mata di urutan pertama yakni, menggunakan air garam atau saline. Air garam adalah salah satu pengobatan yang paling efektif untuk infeksi mata. Kandungan saline yang mirip air mata membuat cairan ini mampu membersihkan kotoran pada mata.

Garam juga memiliki sifat antimikroba. Sebab itu, masuk akal bila saline dapat mengobati infeksi mata secara efektif. Anda bisa mencoba larutan garam steril yang dapat dibeli secara online atau dari apotek.

2. Kantung Teh

Cara mengobati sakit mata selanjutnya,  menggunakan kantung teh. Anda bisa mencoba meletakan kantung teh dingin di atas mata untuk meredakan iritasi.

Beberapa jenis teh memiliki sifat anti-inflamasi dan menenangkan. Penelitian menunjukkan, teh hijau, chamomile, rooibos, dan teh hitam memiliki sifat anti-inflamasi. Sebab itu, menggunakan kantong teh di mata Anda bisa menjadi cara yang efektif untuk mengurangi pembengkakan.

3. Kompres Air Hangat

Cara mengobati sakit mata di urutan ketiga, Anda bisa mengompres mata dengan air hangat. Sebuah tinjauan studi tahun 2012 menunjukkan, kompres air hangat dapat membantu mereka yang menderita blepharitis, atau suatu kondisi yang melibatkan kelopak mata yang meradang dan berkerak. Selain itu, American Academy of Ophthalmology juga menyarankan menggunakan kompres hangat untuk menenangkan gejala mata merah.

4. Gunakan Sendok Dingin

Satu lagi cara mengobati sakit mata yang ampuh, adalah menggunakan sendok dingin. Cara ini dianggap bisa meredakan bengkak, iritasi dan mata merah.

Dinginkan sendok berbahan metal di dalam kulkas selama beberapa menit. Kemudian, tempelkan sendok tersebut di atas mata.

Itulah cara mengobati sakit mata ala rumahan yang ampuh. Manakah cara yang sudah pernah Anda coba?

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut