get app
inews
Aa Read Next : Perangkat Daerah Pemko Medan Bersinergi dengan BPS Perkuat Data Sektoral

BPS : Ekonomi Sumut Triwulan II-2022 Tumbuh 4,70%

Jum'at, 05 Agustus 2022 | 12:26 WIB
header img
Pertumbuhan Ekonomi Sumut (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id- Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara mencatat ekonomi Sumatera Utara pada triwulan II-2022 mengalami pertumbuhan sebesar 4,70 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada Tahun 2021 (y-on-y). 

Kepala BPS Sumut Nurul Hasanudin mengatakan dari sisi produksi, lapangan usaha transportasi dan pergudangan mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 12,10 persen.

"Sementara dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi pada komponen ekspor barang dan jasa sebesar 12,07 persen," sebut Hasan, dalam siaran persnya, Jumat (5/8).

Lanjut Hasan, ekonomi Sumatera Utara pada triwulan II-2022 ini juga tumbuh sebesar 2,56 persen dibanding pada triwulan I-2022(q-to-q). Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi pada lapangan usaha administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial Wajib sebesar 8,72 persen. 

"Dari sisi Pengeluaran, Komponen Pengeluaran Konsumsi Pemerintah merupakan komponen mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 19,00 persen," ungkapnya.

Pada semester I-2022 lanjut Hasan, ekonomi Sumatera Utara juga  mengalami pertumbuhan sebesar 4,33 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (c-to-c). Dari sisi produksi, lapangan usaha transportasi dan pergudangan mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 9,16 persen.  Sementara dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi pada komponen Ekspor Barang dan Jasa sebesar 12,34 persen.
 

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut