get app
inews
Aa Read Next : Hasil Liga 2: Ichsan Pratama Cetak Gol, PSMS Menang Tipis atas PSDS

Apa Saja 10 Suporter Paling Fanatik di Indonesia? Ini Daftarnya

Kamis, 21 Juli 2022 | 10:00 WIB
header img
Pendukung Persija Jakarta, Jak Mania, yang sangat terkenal (Foto: Hery Haryono/Okezone).

JAKARTA - Kepopuleran tim sepak bola tentu tak bisa dipisahkan dari peran para suporter yang mendukung dalam laga kandang maupun tandang ke tempat lawan.

Peran suporter dalam tim sepak bola dapat memberikan dukungan sehingga mereka bisa tampil maksimal pada saat berlaga. Tak jarang semangat yang diberikan suporter dapat mengantarkan tim sepak bola meraih gelar juara.

Dilansir dari beberapa sumber terdapat beberapa suporter sepak bola yang terbilang fanatik. Sportstars telah merangkumnya 10 suporter paling fanatik di Indonesia

10 Suporter Paling Fanatik di Indonesia 

1. Bobotoh - Suporter PERSIB Bandung

Bobotoh menjadi suporter paling fanatik di Indonesia. Kesetiaannya mendukung tim kesayangannya PERSIB Bandung tidak perlu diragukan lagi. Anggota bobotoh tidak hanya berasal di kota Bandung saja, tetapi sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Hal ini terlihat dari bobotoh memiliki beberapa cabang suporter seperti Viking Persib Fans Club, Bobotoh Singapore, Flower City Casuals dan Ultras Persib. Sehingga Bobotoh juga sering disebut sebagai suporter paling berpengaruh di Indonesia karena jumlah massa nya yang banyak. 

2. The Jakmania - Suporter PERSIJA Jakarta

The Jakmania adalah suporter fanatik tim besar kebanggaan Jakarta, PERSIJA Jakarta. The Jakmania juga memiliki anggota yang luar biasa banyak hingga keluar daerah Jakarta bahkan sampai tersebar di seluruh Indonesia.

Pasukan oren begitulah mereka dikenal selalu setia menemani dan menjadi saksi sejarah yang ditorehkan PERSIJA Jakarta. Tidak jarang The Jakmania memecahkan rekor suporter terbanyak pada laga Piala AFC tahun 2018. 

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut