get app
inews
Aa Read Next : Kanker Kolon dan Rectum, Yuk Simak Cara Deteksi Dini dan Pencegahannya

Kenali Gejala Tumor Otak, Salah Satunya Sakit Kepala Parah di Pagi Hari

Jum'at, 08 Juli 2022 | 09:30 WIB
header img
Tumor otak, (Foto: Unsplash)

Gejala tumor otak itu tergantung pada lokasi dan ukuran tumor. Beberapa tumor ada yang menyebabkan kerusakan langsung dengan menyerang jaringan otak, tapi ada juga beberapa tumor menyebabkan tekanan pada otak di sekitarnya. Biasanya gejala begitu nyata terasa, ketika tumor yang tumbuh memberi tekanan pada jaringan otak.

Secara general, gejala yang paling umum dari tumor otak adalah sakit kepala. Nah, ketika memang tumor otak ini terjadi, biasanya sakit kepala yang menyerang adalah sakit kepala yang lebih parah di pagi hari saat baru bangun tidur, sakit kepala saat sedang tidur, dan sakit kepala yang diperburuk oleh batuk, bersin, atau ketika berolahraga.

Gejala umum di samping sakit kepala, bisa juga berupa hilang ingatan, kebingungan, sulit menulis atau membaca, perubahan indera perasa (kemampuan mendengar, mengecap, atau mencium), suka mengantuk, kehilangan kesadaran, susah menelan, vertigo, masalah mata (kelopak mata terkulai dan pupil yang tidak sama), gerakan tak terkendali, tangan gemetar, kehilangan keseimbangan, mati rasa atau kesemutan di satu sisi tubuh, hilangnya kontrol kandung kemih atau usus, moody’an, perubahan perilaku, sulit berjalan, hingga adanya kelemahan otot di wajah, lengan, atau kaki.

Selain itu, orang dengan tumor otak bisa juga mengalami muntah, daya penglihatan mengabur, merasa bingung, kejang (terutama orang dewasa), anggota badan terasa lemah atau bisa juga hanya bagian wajah, dan perubahan fungsi mental. Demikian sebagaimana dilansir dari Healthline, Jumat (8/7/2022) yang sudah ditinjau secara medis oleh ahli bedah saraf, Dr. Seunggu Han, MD.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut