get app
inews
Aa Read Next : Kasus Covid-19 di Sumatera Utara Meningkat, Kadinkes Sumut: Peningkatan  Sejak 2 Hari Lalu 

Pemprov Sumut Klaim Berhasil Redam Tingkat Kemiskinan Usai Dua Tahun Dihantam Covid 19

Senin, 27 Juni 2022 | 12:13 WIB
header img
Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Sumut Naslindo Sirait

MEDAN, iNews.id - Peningkatan angka kemiskinan di Sumatera Utara (Sumut) bisa diredam usai dua tahun dilanda Covid-19. Secara nasional persentase kemiskinan Sumut berada di peringkat 18 secara nasional berdasarkan data BPS Semester II (Setember) 2021.

Di tahun 2021, persentase kemiskinan di Sumut semester I (Maret) 2021 sebesar 9,01% dan menurun ke angka 8,49% di semester II (September). Bila menggunakan data kependudukan BPS 2021 berarti ada sekitar 1.268.079 penduduk miskin di Sumut.

"Secara nasional kita posisi Sumut di 18 dan berada di bawah persentase kemiskinan nasional yang sebesar 9,71%," kata Kepala Biro Perekonomian  Setdaprov Sumut Naslindo Sirait, Minggu (26/6).

Dalam melihat kemiskinan, menurut Naslindo, persentase menjadi acuan utama, bukan jumlah penduduk miskin. Hal ini karena daerah dengan jumlah penduduk sejalan dengan jumlah penduduk miskin.

"Tidak fair melihat kalau lihat dari jumlahnya, sudah pasti provinsi dengan jumlah penduduk besar, jumlah penduduk miskinnya juga besar," terang Naslindo.

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut