get app
inews
Aa Read Next : Daftar 10 Ponsel Terlaris Sepanjang Masa, Nomor 1 Terjual 250 Juta Unit

Hati-hati! Ini Dampak Buruk Kecanduan Medsos

Senin, 27 Juni 2022 | 09:00 WIB
header img
Kecanduan medsos (Foto: Motion array)

SEMUA orang sudah sangat bergantung dengan ponsel saat ini. Di mana, berbagai aktivitas sudah bisa dilakukan hanya lewat ponsel.

Akibatnya mereka jadi sering melihat ponsel dan main media sosial alias medsos. Apalagi medsos membuat kita untuk tetap terhubung walau terpisah oleh jarak dan waktu.

Namun, hal yang positif dari sosial media juga dibarengi dengan adanya kekurangan atau dampak negatif khususnya bagi kesehatan mental.

Dilansir dari Help Guide, berikut 5 dampak buruk kecanduan medsos bagi kesehatan mental Anda.

1. Merasa iri dan membandingkan hidup Anda dengan orang lain

Medos menjadi tempat orang untuk membagikan momen soal kehidupannya dan bisa dibilang menjadi ‘ajang pamer’. Unggahan tentang liburan, naik jabatan, dapat pekerjaan, menikah, punya anak, belanja, dll. Keseringan melihat medsos menanamkan rasa iri dan insecure. Iri yang kemudian berujung Anda selalu membandingkan hidup Anda dengan mereka seakan ‘hidup mereka lebih baik’. Hal inilah yang dapat berdampak bagi kesehatan mental Anda.

2. Merasa FOMO (takut tertinggal)

Sosial media juga selalu menciptakan tren-tren baru yang ramai diikuti orang. Istilah FOMO (fear of missing out) ini menggambarkan perasaan takut tertinggal. Seolah memberi tekanan dan menuntut diri Anda untuk harus terus update dan melakukan hal yang sama dengan mereka. Misal, harus mengetahui trending topik terbaru, mencoba restoran terbaru, memiliki koleksi pakaian atau gadget terbaru, dll

Efeknya adalah Anda mudah merasa cemas, khawatir, kurang percaya diri, dan mendorong diri Anda untuk menjadi lebih rutin membuka sosial media agar tidak ketinggalan update.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut