get app
inews
Aa Read Next : Bentuk Pengabdian Masyarakat, FK UISU Gelar Sunatan Massal di Sergai

Dosen UMSU Terapkan Urban Farming di Serdang Bedagai

Rabu, 22 Juni 2022 | 18:39 WIB
header img
Dosen Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Pematang Ganjang, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumut. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id - Dosen Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menggelar kegiatan pengabdian masyarakat dengan melakukan penerapan urban farming di Desa Pematang Ganjang, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumut, Selasa (21/6/22).

Nur Hajijah, S.P.M Agr, selaku Dosen Pertanian yang turut dalam kegiatan tersebut mengatakan, adapun penerapan urban farming yang dilakukan di desa tersebut dengan melakukan sistem fergitasi pada kubis bunga untuk masyarakat mandiri pangan.

"Adanya permasalahan penting bagi kelompok tani yang ada di Desa Pematang Ganjang ini adalah hanya bergantung pada satu mata pencaharian yaitu budidaya padi. Sedangkan di desa ini yang pendapatan masyarakatnya masih dalam bentuk musiman, mayoritas di desa tersebut hanya menanam padi," katanya.

Nur Hajijah menjelaskan, apalagi ketika musim tanam baru ada pekerjaan bagi petani dan perlu dilakukan program kemitraan masyarakat dalam suatu program yang dapat menambah perekonomian masyarakat terutama bagi kaum ibu-ibu.

"Agar terciptanya masyarakat yang mandiri pangan, maka solusi dari permasalahan di atas adalah dengan menerapkan urban farming di desa itu dengan sistem fertigasi pada tanaman bunga kol masyarakat mandiri pangan," jelasnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut