Wali Kota Medan Pakai Baju Adat Toba di Upacara Hari Lahir Pancasila

Jafar
Wali Kota Medan Bobby Nasution tampak mengenakan pakaian adat Batak Toba saat mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id - Wali Kota Medan Bobby Nasution tampak mengenakan pakaian adat Batak Toba saat mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 secara virtual, di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota, Jalan Sudirman, Kota Medan. Rabu (1/6/2022) pagi.

Tampil dengan pakaian adat Ende, upacara itu dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dengan mengusung tema "Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia" dari Lapangan Pancasila, Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Jokowi mengajak seluruh anak bangsa agar membumikan Pancasila dan juga mengaktualisasi nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sebab, jelas Jokowi, Pancasila bukan hanya telah mempersatukan semua anak bangsa, tapi juga penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian.

"Ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa, bahwa bangsa dan negara kita bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat, karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila," jelasnya.

"Tapi saya selalu ingatkan, kita harus betul-betul mengamalkan Pancasila dan memperjuangkan Pancasila. Kita wujudkan dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan kita," tambahnya.

Didampingi Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, Presiden juga mengungkapkan bahwa, agar seluruh pemimpin bangsa, terutama para pejabat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para tenaga pendidik, dan pemimpin partai politik, dan seluruh kalangan untuk menjadi teladan dan menjadi contoh dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

"Seluruh masyarakat juga harus bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju, mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan," pungkas Presiden seraya melanjutkan peninjauan ke Taman Renungan Bung Karno yang masih berada di kawasan Lapangan Pancasila tersebut.

Turut hadir dalam upacara virtual itu, Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin, menteri Kabinet Indonesia Maju, pimpinan lembaga negara, dan seluruh Gubernur/Bupati dan Wali Kota se-Indonesia.

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network