Sofyan Tan berharap kegiatan bimbingan teknis tersebut dapat memberi manfaat nyata bagi pelaku UMKM di Medan. “Semoga kegiatan ini membuka wawasan dan meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha kecil,” ujarnya.
Sementara itu, Analis Pemanfaatan IPTEK Ahli Pertama BRIN, Risa Atika Mas, menambahkan, pelaku UMKM perlu memahami perilaku pelanggan agar mampu menyesuaikan strategi pemasaran. Pelanggan pada dasarnya ingin produk yang murah, bagus, dan cepat. “Mungkin sulit memenuhi semuanya, tapi setidaknya harus mendekatinya,” tutur Risa.
Ia juga mengingatkan pelaku usaha agar tanggap terhadap perubahan tren. “Di Medan, dari informasi yang saya dapat, masyarakat cepat bosan dengan hal lama. Begitu ada yang baru, yang lama langsung ditinggalkan. Jadi pelaku usaha harus peka, apakah mau menyesuaikan produk dengan tren atau memperluas pasar ke daerah lain,” jelasnya.
Editor : Ismail
Artikel Terkait
