Penumpang KA di Sumut Melonjak di Penghujung Libur Panjang Akhir Pekan Idul Adha

Ismail
Penumpang KA di Sumut Melonjak di Penghujung Libur Panjang Akhir Pekan Idul Adha. (Ist)

MEDAN, iNewsMedan.id- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumatera Utara mencatat pada penghujung libur panjang akhir pekan Idul Adha 1446 H terus mengalami peningkatan volume penumpang. Hingga hari keempat periode long weekend Hari Raya Idul Adha 1446 H yakni Kamis (5/6) hingga Minggu (8/6) terdapat 34.030 penumpang. Jumlah ini mengalami peningkatan 29% dibanding bulan lalu yakni 5 hingga 8 Mei 2025 sebanyak 26.428 penumpang.

Manager Humas KAI Divre I Sumatera Utara, M. As’ad Habibuddin mengatakan, hingga Senin (9/6) siang, sebanyak 42.174 tiket telah terjual untuk periode long weekend yang berlangsung selama 5 hari, mulai Kamis (5/6) hingga Senin (9/6). Tiket yang telah terjual tersebut setara 78% dari total kapasitas yang KAI sediakan sebanyak 53.760 tiket.

Rinciannya tiket yang telah terjual yaitu KA Putri Deli relasi Medan – Tanjung Balai PP sebanyak 18.651 tiket, KA Sribilah Utama relasi Medan – Rantau Prapat PP sebanyak 13.708 tiket, KA Siantar Ekspres relasi Medan – Pematang Siantar PP sebanyak 8.145 tiket, KA Datuk Belambangan relasi Tebing Tinggi – Lalang PP sebanyak 865 tiket, dan KA Cut Meutia relasi Krueng Mane – Krueng Geukueh PP sebanyak 805 tiket. 

As’ad menyampaikan bahwa selama periode tersebut terdapat 20 perjalanan kereta api setiap hari yang melintas di wilayah Sumatera Utara. KA-KA tersebut menghubungkan berbagai kota seperti Medan, Lubuk Pakam, Tebing Tinggi, Tanjung Balai, Kisaran, Pematang Siantar, hingga Rantau Prapat.

Selain itu, terdapat pula 8 perjalanan kereta api yang melintas di wilayah Aceh. Dengan demikian, total terdapat 28 perjalanan kereta api penumpang yang akan beroperasi per hari selama masa libur panjang tersebut di wilayah Divre I Sumatera Utara.

As’ad mengimbau agar calon penumpang menyediakan waktu yang cukup untuk perjalanan menuju stasiun keberangkatan, agar tidak terlambat. Selain itu, agar penumpang duduk sesuai dengan nomor tempat duduk yang tertera pada tiket masing-masing pelanggan. Hal ini demi kenyamanan bersama seluruh pelanggan.

Bagi calon penumpang KA Sribilah Utama dan KA Putri Deli keberangkatan Stasiun Medan, agar menggunakan layanan Face Recognition Boarding Gate. Keunggulannya, pada proses boarding otomatis tersebut, penumpang tidak perlu lagi menunjukkan tiket dan ID card. Sehingga proses boarding lebih cepat dan praktis.

“Kami berkomitmen memberikan layanan transportasi yang aman, nyaman, tepat waktu, dan tentunya bebas dari kemacetan jalan raya. Kami ingin setiap pelanggan dapat menikmati momen long weekend ini dengan penuh kebahagiaan bersama keluarga maupun sahabat,” tutup As’ad.
 

Editor : Ismail

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network