Sofyan Tan : Dari Seribu, Hanya 1 Orang yang Gemar Membaca

Ismail
Anggota Komisi X DPR RI Sofyan Tan menghadiri sosialisasi budaya baca oleh Perpusnas di Deli Serdang, Sabtu (26/10). (iNewsMedan.id/Istimewa)

Hadir dalam acara Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas Adin Bondar, mewakili Pj Bupati Deli Serdang, Asisten III Administrasi Umum Pemkab Deli Serdang David Efrata Tarigan, Kadis Perpustakaan Provinsi Sumut Dwi Endah Purwanti, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Deli Serdang  Mukti Ali Harahap, Kepala Perpustakaan USU Laila Hadri Nasution, serta narasumber Ismail Pong sebagai penggiat literasi Deli Serdang. 

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas Adin Bondar mengungkapkan tidak ada negara yang maju yang penduduknya rendah minat membacanya. Pada negara-negara maju seperti Finlandia dan Swedia, Tingkat kesejahterannya sudah tinggi karena warganya memiliki budaya baca dan literasi yang kuat. Hal ini sejalan dengan konsep ekonomi modern yakni ekonomi yang berbasis pengetahuan adalah kunci dari pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan. 

Untuk itu Perpusnas sudah mempersiapkan banyak program seperti pembudayaan literasi hingga ke tingkat desa dengan pemanfaatan dana desa, pelayanan perpustakaan digital yang terus didorong dengan berbagai aplikasi yang sudah tersedia dan dapat diakses umum. Serta pembangunan gedung fasilitas perpustakaan yang inklusif seperti di Deli Serdang yang dibangun lengkap dengan ruang praktek, ruang menulis, diskusi dan pelatihan.

“Ruang-ruang perpustakaan harus bisa menjadi tempat mengedukasi masyarakat,” ujar Adin Bondar. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Deli Serdang  Mukti Ali Harahap menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih yang tak terhingga atas perhatian dr Sofyan Tan. Karena berkat perjuangan dan jasanya terbangun gedung perpustakaan yang megah dan luas berlantai 2 di Deli Serdang. Bahkan Sofyan Tan sering berkunjung ke Deli Serdang dan kali ini membawa program kegiatan dari pusat ke daerah. 

Asisten III Administrasi Umum Pemkab Deli Serdang David Efrata Tarigan menyampaikan rasa syukurnya bahwa dr Sofyan Tan kembali dipercaya berada di Komisi X DPR RI. Dengan demikian apa yang selama ini menjadi perhatian untuk Deli Serdang tetap bisa berjalan dan semoga semakin meningkat.

Editor : Ismail

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network