Yayasan Insan Siddiq Amanah dan RSQ Wakaf 300 Al-Qur'an ke Pesantren Muhammad Dahlan Sibuhuan

Odi Siregar
Yayasan Insan Siddiq Amanah dan RSQ Wakaf 300 Al-Qur'an ke Pesantren Muhammad Dahlan Sibuhuan. (Foto: Istimewa)

PADANGLAWAS, iNewsMedan.id - Yayasan Insan Siddiq Amanah bersama RSQ (Rumah Syamil Qur'an) Al Fajr telah menyalurkan 300 mushaf Al-Quran ke Pondok Pesantren Muhammad Dahlan di Sibuhuan, Padanglawas, Sumatera Utara (Sumut), pada Sabtu (7/9/2024).

Wakaf Al-Qur'an ini diserahkan langsung oleh Pimpinan RSQ Al Fajr, Ustadzah Fanni Maulida Siregar, kepada Pembina Pondok Pesantren Muhammad Dahlan.

Manajer Program, Bima Abdul Haq, mengatakan bahwa wakaf Al-Qur'an ini diperoleh melalui penukaran mushaf atau Al-Qur'an lama, usang, atau tidak layak menjadi Al-Qur'an baru. Al-Qur'an baru ini kemudian disalurkan ke Pondok Pesantren Muhammad Dahlan.

"Pengiriman ini merupakan kloter pertama dari total 600 Al-Qur'an yang dibutuhkan," ujar Bima Abdul Haq.

Bima Abdul Haq menambahkan bahwa para donatur atau pewakif yang ingin berpartisipasi, salah satu caranya adalah dengan menukar Al-Qur'an yang sudah usang, tidak layak, atau hancur dengan menambahkan biaya Rp100.000. Al-Qur'an yang lama tersebut akan dilebur, dicacah, dan diolah sesuai tuntutan syar'i.

"Setiap Al-Qur'an yang ditukar akan digantikan dengan satu Al-Qur'an baru yang kemudian akan diwakafkan ke pelosok, minoritas muslim, pondok tahfidz, TPQ, masjid, dan pondok pesantren yang membutuhkan," jelas Bima Abdul Haq.

Bima Abdul Haq menjelaskan bahwa program wakaf ini merupakan bagian dari komitmen Yayasan Insan Siddiq Amanah dan RSQ Al Fajr untuk terus mendukung pendidikan agama di berbagai pelosok negeri.

"Semoga langkah mulia ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi umat dan menjadi amal jariyah bagi para donatur," ujar Bima Abdul Haq.

"Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat menghubungi nomor WhatsApp 085361835553," terang Bima Abdul Haq.

Sementara itu, Pembina Pondok Pesantren Muhammad Dahlan, Ustadz M Efendi Hasibuan, mengucapkan terima kasih atas atas dukungan yang diberikan oleh Yayasan Insan Siddiq Amanah bersama RSQ (Rumah Syamil Qur'an) Al Fajr.

"Kami berharap dengan adanya wakaf ini, para santri semakin semangat dalam mempelajari dan menghafal Al-Qur'an," ujarnya.

Ia berharap bantuan ini dapat melahirkan generasi muda yang berakhlak mulia dan berpengetahuan luas.

"Wakaf Al-Qur'an ini sangat berarti bagi kami, terutama dalam upaya kami mencetak generasi muda yang berakhlak mulia dan berpengetahuan luas tentang Al-Qur'an," tutupnya.

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network