IMI Sumut Sambut 23 Tim Mini 4WD Eksibisi PON XXI di Kota Medan

Jafar
IMI Sumut Sambut 23 Tim Mini 4WD Eksibisi PON XXI di Kota Medan. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Ketua Pembina Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah dan Ketua IMI Sumut Harun Mustafa Nasution dan jajarannya menyambut baik seluruh peserta Cabang Olahraga Eksibisi PON XXI Cabang Olahraga (Cabor) Mini 4WD di Kota Medan.

Cabor Mini 4WD yang berada di bawah Motorsport Games IMI sejak tahun 2021 ini diikuti oleh 23 Provinsi termasuk Provinsi Sumut. Acara inipun tidak kalah mendapat antusias dari penonton usai dibuka oleh Pj Gubernur Sumut diwakili Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan sekaligus Sekretraris PB PON Wilayah Sumut Effendi Pohan di Focal Point Medan, Selasa (10/9/2024).

Kesempatan itu, Musa Rajekshah atau akrab disapa Ijeck menyampaikan apresiasinya khususnya kepada Direktur Motorsport Games IMI Pusat Bimo Pradikto yang telah banyak mengembangkan Mini 4WD hingga bisa menjadi olahraga terbaru di PON.

Menurutnya, ini menandai gebrakan baru dalam dunia olahraga Indonesia, mengingat Mini 4WD awalnya hanya dikenal sebagai mainan kecil, kini mendapatkan kesempatan untuk tampil di panggung nasional.

“Ini balapan yang pelaksanaannya murah karena bisanya Bimo ini main rally, sekarang ngurusin balapan yang dulu ini kita ingat namanya tamia tapi sekarang bisa jadi kompetisi. Mudah-mudahan ini jadi kompetisi yang mengubah persaingan jadi persahabatan. Kami ucapkan selamat datang di Sumut untuk seluruh peserta, seamat bertanding,” ujar Ijeck.

Sementara itu, Bimo membenarkan bila Mini 4WD ini adalah cabor yang murah dalam pelaksanaannya dibanding dengan balap lain. Ia pun mengaku optimis di PON XXII, Mini 4WD bisa jadi cabor yang dipertandingkan secara resmi.

“Selain murah pelaksanaannya, aspek kompetisinya lengkap ada pembalapnya, jurinya, mekaniknya, seperti balapan-balapan yang sudah ada pada umumnya. Ada pelatih, manager, lengkap, jadi kami yakin ini bisa menjadi cabor resmi apalagi di eksibisi ini ada 23 Provinsi yang ikut,” ujar Bimo.

Lanjut Bimo, penilaian yang dilihat adalah strategi tiap tim, diantaranya segi kecepatan, pengaturan setingan, dan kemampuan melewati rintangan. Cabor ini memiliki dua kategori yaitu Indonesia Damper Class (IDC) dan Indonesia Open Class (IOC).

Meski cabor eksibisi, panitia diakui Bimo juga menyiapkan hadiah yang sama seperti cabor resmi lainnya, ada emas, perunggu dan perak.

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network