Pembangunan Halte Percontohan BRT BS13 Lapangan Merdeka Upaya Pemerintah Atasi Kemacetan

Jafar
Pembangunan Halte Percontohan BRT BS13 Lapangan Merdeka Upaya Pemerintah Atasi Kemacetan. (Foto: Dok Pemko Medan)

MEDAN, iNewsMedan.id - Wali kota Medan, Bobby Nasution, mengapresiasi Kementerian Perhubungan RI yang telah memilih Medan, Binjai, dan Deli Serdang (Mebidang) sebagai daerah pembangunan infrastruktur transportasi umum Bus Rapid Transit (BRT). Pemko Medan akan berkomitmen mendukung suksesnya proyek pembangunan Halte Percontohan BRT BS13 Lapangan Merdeka.

Hal itu disampaikan Bobby Nasution saat berlangsungya acara Groundbreaking Halte Percontohan BRT BS 13 Lapangan Merdeka di Jalan Balai Kota, Kecamatan Medan Barat, Minggu (25/8/2024).

"Kami akan berkomitmen dalam mendukung program ini sebagai upaya mengatasi kemacetan dan memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dalam menggunakan transportasi umum," kata Bobby Nasution.

Bobby Nasution menyampaikan bahwa salah satu yang menjadi ciri kota maju ialah penggunaan transportasi umum oleh masyarakat. Oleh sebab itu Pemko Medan akan terus mendorong terwujudnya transportasi umum yang layak, aman dan nyaman bagi masyarakat.

"Kami telah menyiapkan 60 bus listrik untuk mendukung ketersediaan transportasi umum yang layak, aman dan nyaman bagi masyarakat. Nantinya bus listrik ini akan menggantikan bus BTS yang hari ini sudah beroperasi," ujar Bobby Nasution.

Sebagai langkah menarik minat masyarakat agar mau menggunakan tranportasi BTS yang diberi nama Trans Metro Deli tersebut, Bobby Nasution mengenakan tarif Rp0 alias gratis kepada masyarakat.

"Kami ingin masyarakat dapat memanfaatkan transportasi umum yang tersedia, sebab ini menjadi upaya kita bersama dalam mengurangi kemacrtan di kota Medan, "sebut Bobby Nasution.

Sementara itu Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan RI, Irjen Pol Risyapudin Nursin memberikan apresiasi atas kebijakan Wali Kota Medan, Bobby Nasution yang menggratiskan tarif transportasi umum. Langkah ini menurutnya mendorong masyarakat mengubah penggunaan transportasi pribadi menjadi transportasi umum.

"Apa yang dilakukan Pak Wali adalah strategi yang tepat dengan menggratiskan tarif bus yang ada," kata Risyapudin Nursin.

Terkait dengan pembangunan halte percontohan BRT BS13 Lapangan Merdeka ini, Risyapudin Nursin menyebutkan pengerjaan proyek ini dimulai dari titik nol kota Medan sebagai pekerjaan pertama lalu setelahnya pekerjaan selanjutnya akan dilakukan di tahun 2025.

"Ini merupakan amanat dari UU, bagaimana kita dapat menghadirkan layanan angkutan masal kepada masyarakat," sebutnya.

Pembangunan halte percontohan BRT BS13 Lapangan Merdeka yang ditargetkan akan selesai pada bulan Desember 2024 ini nantinya diharapkan dapat menambah animo masyarakat untuk menggunakan transportasi umum.

"Karena apabila tidak di dukung masyarakat pasti pekerjaan kita ini akan sia-sia," pungkasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Iswar, mengatakan selama adanya pekerjaan pembangunan halte percontohan BRT BS13 Lapangan Merdeka ini, Dishub Kota Medan akan berkolaborasi dengan pihak Kepolisian untuk melakukan pengalihan arus lalu lintas.

"Manajemen lalu lintas akan tetap kita lakukan dan kami menghimbau kepada masyarakat untuk merencanakan perjalananya, apabila tidak urgent untuk melintasi jalan Balai kota, dapat mencari alternatif jalan lainya," imbau Iswar.

Perlu di informasikan dari data yang ada, BRT Mebidang ini nantinya akan memiliki 32 Stasiun BRT, 527 unit bus, dan 696 pemberhentian bus, serta melayani 13 rute perjalanan sepanjang 561 Km dan 21 Km jalur khusus.

Adapun untuk layanan rute langsung BRT sebagai berikut.

BRT01 Flamboyan-Amplas,
BRT02 Lau Cih-SPBU Pembangunan,
BRT03 Amplas-Pinang Baris,
BRT04 Medan Labuhan-Amplas,
BRT05 Pinang Baris-Cemara,
BRT06 Lapangan Merdeka-Belawan,
BRT07 Karya Wisata-Medan Mall,
BRT08 Deli Tua-Stasiun KA Bandar Khalifa,
BRT09 RS Adam Malik-Citraland Gama City,
BRT10 Pancur Batu-Plaza Medan Fair,
BRT11 Terminal Lubuk Pakam-Amplas,
BRT12 Terminal Ikan Paus-Medan Mall,
BRT13 Amplas-Pinang Baris (ring road).

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network