Bawaslu Sumut: Pemahaman Regulasi Kunci Cegah Sengketa Pilkada

Ismail
Bawaslu Provinsi Sumatera Utara mengadakan sosialisasi untuk pencegahan sengketa pemilu berkaitan dengan agenda Pilkada Serentak 2024. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari yakni pada Kamis (1/8) hingga Jumat (2/8). (iNewsMedan.id/ismail)

MEDAN, iNewsMedan.id- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumatera Utara mengadakan sosialisasi untuk pencegahan sengketa pemilu berkaitan dengan agenda Pilkada Serentak 2024. Kegiatan ini bertujuan meminimalisir potensi sengketa yang mungkin timbul akibat perbedaan persepsi antara penyelenggara dan peserta terkait aspek pencalonan dan persyaratan calon.

Sosialisasi ini menghadirkan sejumlah pembicara dari Bawaslu Sumut, KPU Sumut, Hakim Pengadilan Tinggi (PT) Tata Usaha Negara TUN), serta kalangan akademisi, dan berlangsung selama dua hari sejak Kamis (1/8) hingga Jumat (2/8) di Hotel D’Prima, Deli Serdang.

Koordinator Penyelesaian Sengketa Bawaslu Sumut, Joko Arief Budiono, menekankan pentingnya sosialisasi ini dalam mencegah sengketa yang berpotensi muncul selama Pilkada 2024.

"Dengan sosialisasi ini, kami berharap pengurus partai politik sebagai user pencalonan dapat memahami aspek pencalonan dan persyaratan calon dalam proses pilkada sehingga dapat mengantisipasi perbedaan yang bisa memicu sengketa," ungkapnya di sela-sela kegiatan.

Joko menjelaskan lebih lanjut bahwa pengalaman dari Pemilu 2024 menjadi dasar bagi mereka untuk mengadakan sosialisasi ini. "Sengketa ini sering kali merupakan akibat dari ketidakpuasan yang disebabkan oleh perbedaan persepsi mengenai regulasi antara penyelenggara dan peserta pemilu. Ketika penyelenggara membuat ketetapan, hal tersebut dapat memicu sengketa," ujarnya.

Editor : Ismail

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network