CLIK Umumkan Manajemen Baru, Ini Daftar Namanya

Jafar
CLIK Umumkan Manajemen Baru, Ini Daftar Namanya. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Biro kredit swasta terkemuka PT CRIF Lembaga Informasi Keuangan (CLIK) terus memperkuat operasional bisnisnya dengan memprioritaskan produktivitas, efisiensi operasional, dan keunggulan yang berorientasi pada klien.

Dengan komitmen yang kuat untuk mendukung perjalanan transformasi digital klien, CLIK berkomitmen untuk terus berinvestasi pada pengembangan solusi canggih, sumber daya manusia, dan kompetensi internal. 

Meningkatkan potensi dari industri kredit

Pada tahun 2023, CLIK berkolaborasi dengan perusahaan biro kredit lain di Indonesia dalam rangka meningkatkan kesadaran di kalangan pemangku kepentingan dari sektor swasta dan pemerintah. Upaya ini menekankan pada peran penting biro kredit dalam mendorong sistem keuangan yang kuat dan berfungsi dengan baik.

“Sementara bank konvensional dan perusahaan multifinance masih sangat bergantung pada proses kredit yang sudah ada, yang menghambat ekspansi industri kredit, industri fintech menghadapi tekanan signifikan seperti penurunan suku bunga dan reformasi regulasi yang diperlukan untuk mengembangkan sektor ini secara berkelanjutan,” ujar Presiden Direktur CLIK Leonardo Lapalorcia.

“Semua ini, ditambah dengan reformasi regulasi yang melibatkan LPIP (Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan) dan ICS (Innovative Credit Scoring) yang memiliki dampak besar pada bisnis CLIK. Meskipun demikian, 2023 menjadi tahun yang luar biasa bagi CLIK,” sambungnya.

Chief Revenue Officer CLIK Jan Louise Rudy Tjintjelaar menambahkan biro kredit swasta di Indonesia perlu memberikan kontribusi yang lebih strategis dalam rangka membentuk industri kredit yang lebih maju.

Lembaga keuangan dan non-keuangan kini mencari solusi untuk mengembangkan strategi terbaik dalam menyalurkan pinjaman secara efektif, sambil tetap menjaga profitabilitas sebagai prioritas mereka.

“Biro kredit swasta menyediakan layanan yang terbaik. Sudah saatnya kami membuat peta jalan (roadmap) menyeluruh yang akan segera diumumkan dalam waktu dekat. Kami berharap agar klien kami dapat menemukan strategi baru untuk mengurangi risiko NPL, mendapatkan akses ke pasar baru, dan menggunakan penilaian kredit inovatif kami sebagai sarana untuk meningkatkan produktivitas mereka,” imbuh Jan. 

Kinerja lampaui target

Meskipun menghadapi berbagai tantangan, kinerja CLIK sepanjang tahun lalu mampu melampaui perkiraan. “Berkat komitmen pada penguatan struktur organisasi, kompetensi, serta fokus pada produktivitas sepanjang tahun lalu, CLIK berhasil meraih margin kotor sekitar 30%,” ujar Leonardo.

Menurutnya, kinerja positif ini berhasil ditopang oleh peningkatan luar biasa dalam total enquiry klien (lebih dari 200%) dan berhasil memperoleh hingga 52 klien baru pada tahun lalu. Pencapaian tersebut memperlihatkan kepercayaan klien terhadap kualitas layanan CLIK. 

Layanan dan produk revolusioner CLIK

CLIK memperkenalkan beberapa layanan dan produk revolusioner yang diluncurkan pada tahun lalu, sebagai berikut:

- Consumer Enquiry – API: Produk dengan respons cepat yang melayani kebutuhan pemberi pinjaman, termasuk LPIP dan pelanggan lainnya.

- CLIK Dashboard: Perangkat manajemen informasi yang menyediakan akses tanpa hambatan dan real-time, paling komprehensif dan terbaru tentang data Pasar Kredit Indonesia. Solusi berbasis web interaktif ini memberdayakan pemimpin industri, eksekutif, peneliti, dan pejabat pemerintah dengan perangkat yang mereka butuhkan untuk menavigasi dan memahami dinamika di industri ini.

- CLIK Spectrum: Menggunakan skor telekomunikasi, Bank dapat meningkatkan tingkat approval pinjaman hingga 10% tanpa mempengaruhi tingkat NPL, mampu mengidentifikasi pelanggan dengan risiko menengah ke segmen risiko rendah.

Kepemimpinan baru untuk produktivitas lebih besar

CLIK memperbarui struktur manajemennya untuk meningkatkan produktivitas dan kolaborasi strategis.

“Memiliki para ahli dengan jaringan yang kuat dan rekam jejak yang terbukti, akan membantu CLIK dalam mendorong produktivitas dan membuka potensi dari industri ini. Sejak awal hingga pertengahan tahun 2024, CLIK telah menunjukkan pertumbuhan positif dalam akuisisi klien. Di sisi lain, kami berencana untuk menjalin lebih banyak kolaborasi strategis dengan pemangku kepentingan yang lebih luas,” kata Leonardo.

Adapun tim Manajemen CLIK yang baru antara lain:
- Presiden Komisaris: Rizana Noor
- Komisaris: Adimukyo Mardjikoen
- Chief Revenue Officer: Jan Louise Rudy Tjintjelaar
- Chief Operations Officer: Rizki Munggara
- Chief Finance Officer: Nita Febriana

Tetaplah terhubung bersama CLIK untuk peluncuran produk selanjutnya yang dirancang untuk memberdayakan proses pengambilan keputusan berbasis data.

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network