Deretan Acara KKSU 2024 di Medan, Simak dan Catat Jadwalnya!

Odi Siregar
Deretan Acara KKSU 2024 di Medan, Simak dan Catat Jadwalnya! (Foto: Instagram/@karyakreatifsumut)

MEDAN, iNewsMedan.id - Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) 2024 kembali digelar pada 3-7 Juli di Kota Medan. Hal ini sekaligus memeriahkan Perhelatan Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI) 2024.

"Pada tahun ini, Bank Indonesia ditunjuk menjadi campaign manager GBBI & GBBWI 2024. Kegiatan ini juga diselaraskan dengan HUT Kota Medan," ujar Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara (KPw BI Sumut), Yura Djalins, Kamis (20/6/2024).

Yura Djalins menyebut, KKSU 2024 mengusung tema "Rap Pamajuhon Sumatera Utara". Di mana, seluruh pihak diharapkan dapat memajukan Sumatera Utara melalui pengembangan UMKM, peningkatan pariwisata, dan penguatan investasi.

Deretan Acara KKSU 2024 di Medan

1. Harvesting Gernas BBI & BWI

Harvesting Gernas BBI & BWI bakal digelar di Istana Maimun Medan pada 3 Juli 2024. Adapun kegiatan meliputi selebrasi program pengembangan UMKM, pariwisata dan investasi, pameran produk unggulan Sumatera Utara dan dimeriahkan oleh penampilan dari Lyodra dan Lebah Begantong.

2. KKSU Forum

KKSU Forum meliputi talkshow dengan tema antara lain:

- Talkshow Kopi “Budaya Ngopi Mengakselerasi Industri dan Pertumbuhan Ekonomi”
- Talkshow Pariwisata ”Pesona Pariwisata Sumatera Utara yang Memikat Dunia”

3. KKSU Competition

Adapun daftar perlombaan KKSU Competition meliputi:

- Kopi: Lomba Latte Art, Lomba Signature Coffee, Lomba Manual Brew V60, Lomba Coffee Excellence
- Fashion: Lomba desain ready to wear dengan tema “Sustainable Fashion”
- Pariwisata: Lomba video reels destinasi wisata Sumut mendukung GBWI

4. KKSU Fair

KKSU Fair meliputi pameran produk UMKM sektor kopi, kain/wastra, kerajinan, dan kuliner; fashion show UMKM binaan dan mitra; edukasi & sosialisasi.

Terdapat total 460 UMKM yang akan berpartisipasi dalam KKSU 2024 secara offline di Istana Maimun dan Deli Park dan secara online melalui e-catalogue website www.karyakreatifsumut.com.

5. North Sumatra Invest (NSI)

NSI berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten dalam menjaga perspektif positif melalui berbagai program.

Di antaranya, penggalian proyek investasi strategis di daerah melalui kompetisi penyusunan dokumen peluang investasi di daerah melalui NICe (NSI Investment Challenge) yang merupakan kompetisi penyusunan dokumen investasi awal yang siap ditindaklanjuti dengan program NSI Incubator.

Kemudian, kegiatan site visit bersama Konsulat Jenderal dan Konsul Kehormatan Negara Sahabat yang berkantor di daerah berupa tinjauan langsung ke lokasi proyek investasi strategis di daerah untuk memberikan gambaran langsung status clean and clear dari suatu proyek investasi pada 25-26 Juni 2024.

Lalu, melalui NSI Day yang merupakan flagship event promosi investasi setiap tahun dilaksanakan sejak tahun 2022. Di mana, tahun ini disinergikan dengan KKSU.

6. BMPD Medan Run

Rangkaian KKSU x NSI Day akan ditutup dengan BMPD Medan Run pada 7 Juli 2024 di Lapangan Benteng yang berkolaborasi bersama perbankan di Sumatera Utara.

Lomba lari tersebut memiliki 2 kategori, yakni 5K dan 10K dengan biaya pendaftaran bervariasi, mulai dari Rp250 ribu rupiah. Informasi lebih lanjut dapat mengakses website www.bpmdrunmedan.com

"Bank Indonesia akan terus mendukung pelaksanaan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia sebagai langkah nyata inovasi dan sinergi dalam rangka mendorong semangat bangga produk dan wisata lokal," tutup Yura Djalins.

Informasi selanjutnya mengenai KKSU dapat dilihat pada Instagram @karyakreatifsumut dan @bank_indonesia_sumut serta website www.karyakreatifsumut.com.

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network