RSUD Pirngadi Tangani 600 Pasien HIV Tiap Bulan

Ismail
RSUD Pirngadi Tangani 600 Pasien HIV Tiap Bulan (ist)

MEDAN, iNewsMedan.id - Jumlah pasien HIV yang menjalani perawatan di RSUD dr. Pirngadi Medan mengalami peningkatan pada tahun 2024. Rata-rata setiap bulannya, sekitar 600 pasien dirawat di rumah sakit tersebut. 

Menurut Kepala Tim Hukum dan Humas RSUD dr. Pirngadi Medan, Gibson Girsang, hingga Sabtu (11/5) kemarin, terdapat 179 pasien HIV yang sedang menjalani perawatan, semuanya dalam status rawat jalan. 

Girsang menjelaskan bahwa pada bulan Februari 2024, terdapat 590 pasien HIV yang dirawat, dengan 9 pasien menjalani perawatan rawat inap dan 581 pasien menjalani rawat jalan. Pada bulan Maret 2024, jumlah pasien yang dirawat meningkat menjadi 621, dengan 9 pasien rawat inap dan 612 pasien rawat jalan.

Sementara itu, pada bulan April 2024, terdapat 591 pasien HIV yang dirawat, dengan 4 pasien rawat inap dan 587 pasien rawat jalan. 

"Kami terus berupaya maksimal untuk melayani setiap pasien yang datang berobat," kata Girsang, Senin (13/5).

Ia juga menyebutkan bahwa mayoritas pasien HIV berusia antara 26 hingga 45 tahun. Namun demikian, ada juga pasien yang terinfeksi sejak usia sangat muda, bahkan mulai dari usia 6 tahun karena tertular dari ibunya, serta pasien dengan usia tertinggi mencapai 65 tahun. 

Diketahui bahwa virus HIV dapat ditularkan melalui lima cairan tubuh, yaitu darah, sperma, cairan rektal (anus), Air Susu Ibu, dan cairan vagina. 

"Meskipun tidak semua pasien tertular melalui hubungan seksual, namun rata-rata penularan terjadi melalui jalur tersebut,"tegas Gibson.

Editor : Ismail

Bagikan Artikel Ini
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network