Menko Polhukam Pastikan Keamanan Perayaan Paskah dan Idul Fitri 2024

Chris
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto. (iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto pastikan pengamanan perayaan hari besar Paskah dan Idul Fitri 2024. 

Hal itu Dia sampaikan pada rapat koordinasi (Rakor) bersama beberapa lembaga terkait di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (25/3/2024).

"Kita telah melaksanakan rapat koordinasi intelijen terkait dengan pengamanan hari besar, Paskah dan Idul Fitri," kata Mantan Panglima TNI tersebut.

Hadi Tjahjanto menyampaikan bahwa rakor tersebut digelar untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Situasi aman tersebut diharapkan agar masyarakat bisa melaksanakan ibadah dengan aman, damai, dan khusyuk. 

"Oleh sebab itu ke depan kita akan melakukan pengamanan terbuka dan preventif, dikaitkan dengan kegiatan keagamaan," ujarnya.

Hadi menyampaikan, TNI-Polri segera memberikan pengamanan pada perayaan Paskah pada 28-31 Maret 2024. Mulai dari Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Sunyi, dan Minggu Paskah.  

"Khusus pelaksanaan-pelaksanaan memperingati Paskah juga dilaksanakan di gereja-gereja maupun di tempat-tempat terbuka, sehingga perlu dilaksanakan upaya-upaya preventif untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat," tuturnya.

Selain itu, kata dia, pengamanan Idul Fitri juga disiapkan. Dia mengatakan mudik tahunan juga akan menimbulkan konsentrasi massa di berbagai tempat yang menjadi pusat berkumpulnya masyarakat, seperti terminal, bandara, termasuk juga objek vital nasional yang perlu dikawal. 

"Maka saya sudah menyampaikan kepada Polri, dan TNI untuk proaktif melakukan langkah mitigasi yang sinergis. Dan diharapkan kondisi keamanan dan ketertiban dapat tetap terjaga, masyarakat bisa melaksanakan ibadah dengan aman, damai, dan khusyuk," ujar dia.

Editor : Chris

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network