Polda Sumut Akan Minta Keterangan IDI Terkait Kasus Penyuntikan Vaksin Kosong Siswa SD

Jafar
Kabid Humas Poldasu, Kombes Pol Hadi Wahyudi (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id - Terkait kasus dugaan penyuntikan vaksin kosong atau hampa terhadap siswa Sekolah Dasar (SD) di Medan Labuhan berapa waktu lalu, penyidik Direktorat Reserse Kriminalisasi Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumatera Utara rencananya akan menjadwalkan untuk meminta keterangan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan bahwa pihaknya sampai saat ini masih dalam tahap mengumpulkan keterangan saksi-saksi

"Kalau tidak salah, IDI besok dijadwalkan," katanya kepada wartawan, Kamis (27/1). 

Sedangkan untuk dokter G atau tenaga kesehatan (nakes) lain yang terlibat dengan pelaksanaan vaksinasi anak ini, Hadi mengaku sudah pernah dimintai keterangan. Untuk nakes jumlahnya ada empat orang yang sudah dimintai keterangan. 

"Sudah empat nakes yang dimintai keterangan," ucapnya. 

Terpisah, Sekretaris IDI Cabang Medan dr Ery Suhaimi SpB mengaku jika IDI telah melakukan investigasi terkait kasus ini. Namun, untuk sidang etik terhadap dokter G memang belum dilakukan, karena masih dilakukan pengumpulan informasi dari berbagai pihak untuk diserahkan kepada Majelis Kode Etik Kedokteran (MKEK). 

"Sebetulnya sejak berita itu muncul IDI sudah mulai mengumpulkan para pihak terkait," terangnya. 

Namun dalam kasus ini, kata dr Ery bahwa organisasi profesi tentu hanya melihat dari segi etiknya saja. Karena untuk ranah pidana, adanya pada pihak kepolisian. 

"Karena belum tentu juga yang bersangkutan bersalah seperti yang divonis di masyarakat. Jadi nanti MKEK yang akan meneruskan secara organisasi bagaimana keputusannya," jelasnya. 

Seperti diketahui, Polda Sumut telah mengambil alih kasus penyuntikan vaksin yang diduga hampa ini yang awalnya ditangani Polres Pelabuhan Belawan untuk mempermudah penyelidikan. Hadi menjelaskan, pendalaman dilakukan termasuk mengaudit jumlah vaksin yang digunakan, pencapain vaksinasi (target) dan lainnya dengan melibatkan Bidang Kedokteran dan kesehatan Polda Sumut, Dinas Kesehatan Sumut, IDI dan saksi ahli.

"Penyidik hingga saat ini masih mendalami motif terjadinya penyuntikan vaksin kosong yang diduga dilakukan nakes, menganalisa video dan menggali informasi dan fakta-fakta lapangan, kita tdk terburu menetapkan tersangka," bebernya. 

Ia mengaku, dalam kasus ini, penyidik telah memerikaa 13 saksi termasuk di antaranya dua anak diduga korban vaksinasi hampa dan orang tuanya.

Editor : Chris

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network