Kuota Kamu Sering Habis? Ternyata Aplikasi Ini Penyebabnya

Inas Rifqi Lainufar
Aplikasi penyebab kuota kamu sering habis (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.Medan.id - Kuota internet kamu cepat habis? Jika iya, berarti kamu adalah pengguna aktif sosial media (sosmed), beberapa apikasi sosmed ini ternyata menyebabkan kuota mu sering cepat habis. 

Dikutip Metro.co.uk, Sabtu (16/9/2023) YouTube mengonsumsi sekitar 3 GB kuota per jam. Angka itu diperoleh dari rata-rata pemakaian harian yang memakan kuota hingga 550 MB setiap 11 menit.

Selain YouTube, terdapat sejumlah aplikasi lain yang juga menyedot banyak kuota data internet. Adapun deretan aplikasi yang dimaksud akan dijelaskan berikut ini. 

Aplikasi Paling Boros Kuota Internet 

1. YouTube 

Sebagaimana yang telah dijelaskan, YouTube yang merupakan aplikasi streaming video terpopuler banyak mengonsumsi kuota internet pengguna smartphone. Bahkan saat pengguna memutar video dengan resolusi 2160p (4k), konsumsi datanya terbilang masih cukup tinggi.

Apabila mengakses video dengan kualitas terendah, yakni 144p, aplikasi ini masih menyedit kuota lebih dari 1 MB per menit. Angka tersebut belum termasuk jika pengguna mengunggah video di YouTube. 

2. Netflix 

Sama seperti YouTube, Netflix juga menghabiskan sekitar 3 GB kuota internet per jam saat digunakan memutar video dengan kualitas HD. Data tersebut berdasarkan pada rata-rata penggunaan harian yang mencapai 4 GB per 80 menit.

Bahkan apabila dipakai mengakses video dengan resolusi standar, aplikasi ini masih menyedot sekitar 1 GB per jam kuota internet. Namun untuk mengatasi permasalahan boros kuota, Netflix menghadirkan sejumlah fitur hemat data, seperti mengurangi kualitas video dan unduhan, menonton video hanya dengan kualitas yang dipilih, atau mengaktifkan pengaturan 'Simpan Data'. 

3. TikTok 

Di peringkat ketiga, ada TikTok yang dilaporkan menyedot kuota internet sekitar 840 MB per jam. Maka dalam sepekan, kuota internet yang digunakan oleh TikTok bisa mencapai setidaknya 10 GB. Kuota internet yang dikonsumsi akan jauh lebih banyak apabila pengguna juga rutin mengunggah video. Meskipun boros kuota, TikTok tetap menjadi aplikasi video pendek terpopuler, yang memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif setiap bulan. 

4. Instagram 

Instagram awalnya menjadi terkenal karena berfokus pada aplikasi untuk mengunggah foto.  Namun seiring dengan berjalannya waktu, jenis unggahan lain, seperti video maupun foto dengan filter beresolusi tinggi dimunculkan pada aplikasi tersebut. Hal inilah yang membuat Instagram memerlukan lebih banyak data daripada Facebook. Pernyataan tersebut didukung dengan adanya laporan yang mengatakan bahwa aplikasi ini mengonsumsi kuota internet 720 MB per jam. 

5. Twitter atau X 

Twitter atau X mengakomodasi orang-orang dari semua bidang kehidupan untuk mengekspresikan diri dalam beberapa kata. Dengan hampir 400 juta pengguna di seluruh dunia dan lebih dari 500 juta tweet yang dikirim setiap hari, X menjelma menjadi platform yang tepat untuk berita, tren, hiburan, dan wacana politik.   Meskipun demikian, Twitter masih mencatatkan tingkat konsumsi data yang tinggi. Aplikasi ini tercatat menghabiskan kuota internet pengguna sekitar 360 MB per jam. 

6. Snapchat 

Diluncurkan pada tahun 2011,  Snapchat telah menikmati pertumbuhan signifikan dalam jumlah pengguna dari tahun ke tahun. Saat ini, aplikasi media sosial tersebut memiliki sekitar 363 juta pengguna aktif harian. Namun dengan beragamnya fitur yang tersedia, aplikasi ini juga mampu menyedot banyak kuota internet saat diakses. Tercatat Snapchat akan mengonsumsi 160 MB kuota internet per jamnya. 

7. Facebook 

Facebook yang dulunya merupakan aplikasi jaringan pertemanan telah berkembang menjadi platform berbagi informasi, pasar untuk mengembangkan bisnis, dan pilihan utama bagi para influencer media sosial. 

Dalam meningkatkan penawaran produknya, aplikasi telah memperkenalkan sejumlah fitur, termasuk peningkatan antarmuka, Facebook Stories, hingga adanya unggahan media beresolusi tinggi dan putar otomatis. 

Hal ini, fitur-fitur berkontribusi terhadap peningkatan konsumsi data dari waktu ke waktu. Maka dari itu, Facebook juga masuk dalam daftar aplikasi boros kuota internet dengan menghabiskan sekitar 100 MB per jam. 

8. Spotify 

Saat ini, Spotify menjadi aplikasi streaming musik terpopuler di dunia. Berbagai jenis musik hingga fitur terbaik telah dihadirkan dalam aplikasi tersebut. Namun dalam hal konsumsi data, Spotify memiliki masalah yang sama dengan platform streaming video seperti YouTube dan Netflix. Pasalnya, aplikasi ini tercatat menyedot kuota internet sekitar 40 MB per jam.

Editor : Chris

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network