OJK dan BRI Majukan Desa Wisata Pematang Johar Jadi Ekosistem Keuangan

Kharisma
Kepala OJK Regional 5 Sumbagut Bambang Mukti Riyadi bersama Sekda Deliserdang, Timur Tumanggor dan Regional CEO BRI Medan Aris Hartanto di acara Program inkubasi ekosistem keuangan inklusif di Desa Wisata Sawah Pematang Johar. (Foto: Kharisma/iNewsMedan)

"Masyarakat harus hati-hati, banyak sekali sekarang penipuan. Itulah pentingnya masyarakat memahami tentang sektor keuangan,” tegas Bambang.

Kerjasama OJK dengan BRI ada tiga yakni komitmen, kolaborasi dan berkelanjutan. BRI ditunjuk membina sektor keuangan di Pematang Johar sehingga diharapkan penerima Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari  BRI bisa naik kelas. “Ini desa relatif maju. Cuma tantangannya bagaimana bisa berkelanjutan,” tutur Bambang.

Sekda Deliserdang, Timur Tumanggor usai membuka usai membuka acara mengajak  semua masyarakat untuk mengembangkan wisata Pematang Johar. Di Deliserdang sendiri ada 9 desa wisata diantaranya Pematang Johar (Kecamatan Labuhan Deli),  Denai Lama (Kecamatan Pantai Labu), Punden Rejo (Kecamatan Tanjung Morawa), Silemak (Kecamatan Hamparan Perak), Penen (Kecamatan Sibiru-biru), Simempar (Kecamatan Gunung Meriah) dan Liang Pematang (Kecamatan STM Hulu).

Tumanggor menyebut selama ini Desa Pemtanag Johar, pertama fokus pada inklusinya. Artinya desa ini yang memiliki kemudahan akses keuangan. Di sini ada BRILink. Kedua, ada agen Inklusi Keuangan sehingga terjadi percepatan atau kemudahan bagi masyarakat. Ketiga UMKM naik kelas. Pemanfaatannya ada batik mangrove. Dengan adanya BRI, ada pinjaman ke KUR bagi perajin, sehingga produknya bisa naik kelas.

“Bisa kita kerjasama dengan Badan Usaha Masyarakat Desa (BumDes) untuk anak-anak sekolah pakai baju batik mangrove setiap hari Jumat. Nanti kita anggarkan dari APBD,” kata Tumanggor.

Editor : Odi Siregar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network