Mengintip Keindahan Alam dan Kekayaan Budaya Desa Baselang di Jambi, Apa Saja?

Kiki Oktaliani
Mengintip Keindahan Alam dan Kekayaan Budaya Desa Baselang di Jambi, Apa Saja?. (Foto: YouTube Kampung Baselang Bakung)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Terdapat desa dengan keindahan alam dan kekayaan budaya di Jambi yang menarik untuk dikunjungi. 

Ada banyak tempat di Jambi yang menawarkan pemandangan yang indah, seperti Taman Nasional Berbak-Sembilang, kawasan wetland yang luas, rumah bagi berbagai spesies satwa liar seperti harimau, gajah, dan burung.

Anda juga bisa mengunjungi Candi Muaro Jambi, kompleks candi kuno yang berasal dari abad ke-7 dan menjadi salah satu situs arkeologi terpenting di Asia Tenggara.

Di balik keindahan tersebut, Jambi juga memiliki kampung unik, bernama Baselang yang berlokasi di Kelurahan Bakung Jaya, Paal Merah, Kota Jambi. Baselang merupakan salah satu dari delapan kampung wisata yang sempat memeroleh penghargaan 75 desa wisata, oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Penasaran seperti apa keindahan Kampung Baselang yang indah ini? Berikut ulasannya dirangkum pada Kamis (20/7/2023).

Kampung Unik di Jambi

Salah satu kampung unik di Jambi adalah Desa Baselang. Desa ini sangat ikonik karena memiliki hamparan perkebunan sayur yang luas dan asri, menjadi ciri khas serta daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Jambi. Bahkan, Anda bisa melihat secara langsung dan lebih dekat, bagaimana aktivitas warga yang mayoritasnya adalah petani di desa.

Tak hanya kebun sayur biasa, khasanah perpaduan budaya migran dengan budaya asli Melayu Jambi, serta dipadukan dengan berbagai keterampilan usaha warga, menjadikan desa ini layak menjadi kampung wisata dengan fokus utama budidaya sayur mayur atau tanaman lainnya. Desa Baselang, juga memiliki potensi wisata, yakni keindahan panoramanya yang indah di Jambi. Kampung wisata tersebut memiliki suasana lingkungan yang nyaman, aman dan indah. Potensi wisata tersebut kini dikelola masyarakat setempat guna menghasilkan manfaat ekonomi.

Atraksi Wisata di Kampung Baselang

Tak sekadar memberdayakan masyarakat serta potensi alam desa, ada juga acara yang digelar agar makin menarik wisatawan berkunjung. Atraksi tersebut adalah ‘Pekan Baselang Anak Negeri’ di mana pada acara ini pengunjung ataupun masyarakat desa dapat menyaksikan pertunjukkan budaya, kuliner, pameran, serta panen raya.

Ada pula festival olahan tempoyak. Sebagian orang di luar pulau, memang akan asing dengan kudapan khas tempoyak. Makanan ini terbuat dari durian yang sudah difermentasi. Menariknya lagi, tempoyak biasanya dikonsumsi sebagai lauk yang dicampur dengan sambal saat menyantap nasi! Sangat unik bukan? Kuliner yang satu ini tak boleh sampai dilewatkan ketika berwisata di Desa Baselang.

Produk Wisata Desa Baselang

Mengutip dari laman Jadesta Kemenparekraf ada banyak sekali produk wisata yang dihasilkan oleh Desa Baselang. Antara lain, pengolahan sampah jadi barang bangunan, tanaman hidroponik, budidaya anggur, layang-layang bujang Jambi, kebun sayur kito, gelanggang panahan, taman organik wahana air dan masih banyak lagi.

Tak sekadar jalan-jalan keliling desa, bagi wisatawan atau pengunjung yang tertarik untuk datang ke tempat ini dapat menyewa homestay yang ada di tengah-tengah perkampungan warga. Fasilitas wisata seperti kamar mandi, musala, area parkir outbond, dan lainnya memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang datang ke tempat ini.

Itulah seputar kampung unik di Jambi yang bisa dijelajahi. Selamat berkunjung.

Artikel ini telah terbit di halaman iNews.id dengan judul Kampung Unik di Jambi, Singgah ke Desa yang Dihuni Petani Sayur, Suasananya Bikin Adem!

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network