Mengenal 5 Hacker Paling Berbahaya di Dunia, Ada Anonymous hingga Michael Calce

Dini Listiyani
Ilustrasi. (Foto: MNC Media)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Terdapat lima hacker paling berbahaya di dunia. Ada Anonymous hingga Michael Calce.

Peretasan komputer adalah tindakan mengidentifikasi dan mengeksploitasi kerentanan sistem dan jaringan untuk mendapatkan akses tidak sah ke sistem tersebut. Tak semua hacker berbahaya.

Hacker white hat dapat bekerja dalam keamanan dunia maya atau sebagai engineer dan penguji software yang mencari kerentanan untuk memperbaiknya. Sementara itu, hacker black hat beroperasi dengan niat jahat.

Konon, ada area abu-abu besar yang dihuni oleh aktivis politik dan hacker yang memakai kedua topi tersebut. Di dunia ini ada banyak hacker yang mempunyai kemampuan keren, dan bahkan mengundang bahaya. Siapa saja itu?

Hacker Paling Berbahaya di Dunia

1. Anonymous

Anonymous salah satu hacker berbahaya. Di mulai pada 2003 di papan pesan 4chan. Grup ini menunjukkan sedikit organisasi dan secara longgar berfokus pada konsel keadilan sosial.

Sebagai contoh, pada 2008 grup tersebut mempermasalahkan Gereja Scientology dan mulai menonaktifkan situs web mereka, sehingga berdampak negatif pada peringkat pencarian mereka di Google dan membanjiri mesin faksnya dengan gambar serba hitam.

2. Adrian Lamo

Sebagaimana dikutip dari Kaspersky, Pada 2001, Adrian Lamo yang berusia 20 tahun menggunakan alat manajemen konten yang tidak dilindungi di Yahoo untuk mengubah artikel Reuters dan menambahkan kutipan palsu yang dikaitkan dengan mantan Jaksa Agung John Ashcroft.

Lamo sering meretas sistem dan kemudian memberi tahu pers dan korbannya. Dalam beberapa kasus, dia akan membantu membereskan kekacauan untuk meningkatkan keamanan mereka.

Seperti yang ditunjukkan Wired, Lamo bertindak terlalu jauh pada 2002, ketika dia meretas intranet The New York Times, menambahkan dirinya ke daftar sumber ahli dan mulai melakukan penelitian tentang tokoh publik terkenal. Lamo mendapatkan julukan "The Homeless Hacker" karena dia lebih suka berkeliaran di jalanan hanya dengan membawa ransel dan seringkali tidak memiliki alamat tetap.

Editor : Odi Siregar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network