5 Cara Mematikan Rumput Liar secara Permanen

Kiki Oktaliani
Ilustrasi. (Foto: Age-fully)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Artikel ini akan mengulas lima cara mematikan rumput liar secara permanen. Sebab, rumput liar yang tumbuh di halaman rumah kerap menggangu.

Rumput liar bisa berbeda-beda jenisnya, mulai dari rumput tinggi dan tebal hingga rumput kecil dan rapat. Biasanya, rumput liar tumbuh dengan cepat dan menyebar secara luas, sehingga dapat mengganggu pertumbuhan tanaman lain dan merusak tampilan estetika area.

Meskipun disebut liar, banyak juga jenis rumput liar yang memiliki manfaat bagi lingkungan, seperti sebagai sumber makanan bagi hewan penggembalaan atau sebagai bahan kompos untuk pupuk organik. Namun, jika rumput liar tumbuh di tempat yang tidak diinginkan, maka perlu dilakukan tindakan untuk mematikannya secara permanen.

Ada beberapa hal yang tepat dan apabila dilakukan dengan konsisten dapat mengendalikan pertumbuhan rumput-rumput liar tersebut. Jika Anda tengah mencari cara-cara untuk mematikan rumput liar, berikut adalah ulasannya. Dirangkum pada Kamis (20/7/2023).

Cara Mematikan Rumput Liar secara Permanen

1. Cuka

Cuka bisa menjadi pilihan alami untuk mematikan rumput-rumput liar di pekarangan rumah. Cukup dengan menyemprotkan cuka pada rumput sampai mati. Lakukan hal ini setiap beberapa hari sampai rumput mati. Perlu diingat untuk menyemprot lakukan pada hari yang panas. Selain itu, perlu diketahui jika cuka biasanya hanya membunuh apa yang ada di atas tanah, tidak sampai akar. Karena itu, mungkin perlu mengulangi proses ini sampai rumput mati.

2. Air Panas

Menyiram air mendidih atau panas bisa jadi alternatif lain untuk membunuh rumput liar atau gulma. Lakukan hal ini secara berulang hingga rumput mati. Hal ini mungkin hanya membunuh pada permukaannya saja, dan tidak sampai akar.

Editor : Odi Siregar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network