Abai Istinja Setelah Buang Air Kecil, Risiko Teramat Pedih Siksa Kubur 

Vitrianda Hilba Siregar
Setelah buang air kecil jangan abaikan hadas kecil itu untuk istinja dengan benar. Jangan anggap sepele istinja sebab risikonya teramat pedih, siksa kubur. Foto; Dok

Dalam riwayat lain, disebutkan bahwa Rasulullah bersabda, "Kebanyakan siksa kubur disebabkan oleh (bekas) kencing."

Ad-Daruquthni menyatakan bahwa hadits ini adalah mursal. Sanad hadits ini terpercaya kecuali untuk Muhammad bin Ash Shobah. Imam Adz Dzahabi dalam Al Mizan mengatakan bahwa hadits dari Muhammad bin Ash Shobah ini munkar (tidak terpercaya). Sepertinya beliau merujuk pada hadits ini.

Sementara itu, lafazh kedua hadits ini diriwayatkan oleh Ahmad, Ad-Daruquthni, dan Al-Hakim melalui jalur Abu 'Awanah, dari Al A'masy, dari Abu Sholih, dari Abu Hurairah. Ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Kebanyakan siksa kubur disebabkan oleh kencing."

Al-Hakim menyatakan bahwa hadits ini sahih sesuai dengan kriteria Bukhari dan Muslim, dan ia menyebutkan bahwa hadits ini tidak diketahui memiliki cacat ('illah) apapun. Namun, hadits ini tidak termasuk dalam koleksi hadits Bukhari dan Muslim. Hadits ini diperkuat oleh hadits lain yang diriwayatkan oleh Abu Yahya Al-Qotton.

At-Tirmidzi dan Bukhari ditanya tentang hadits ini, dan mereka menyatakan bahwa hadits ini sahih. Demikian pula, Ad-Daruquthni mengkonfirmasi keaslian hadits ini.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network