Fenomena Langka Bulan dan Bintang Berdekatan di Malam Ketiga Ramadan, Ini Kata BBMKG Wilayah I Medan

Jafar
Bulan berbentuk sabit dibagian ujung diterangi seperti bintang terlihat jelas dari Kota Medan, Jumat (24/3/2023) malam. (Foto: Jafar/iNewsMedan)

MEDAN, iNewsMedan.id - Keindahan langit pada malam ketiga Ramadan 1444 Hijriah terlihat saat bulan berbentuk sabit dibagian ujung diterangi seperti bintang terlihat jelas dari Kota Medan, Jumat (24/3/2023) malam.

Fenomena itu membuat warga Medan mendadak heboh dan langsung mengabadikan momen tersebut dengan kamera handphone.

"Subahannallah, indah sekali. Bulan dan bintang berdekatan. Terlihat jelas dengan mata telanjang ini. Di foto menggunakan handphone juga tampak jelas," ucap salah seorang warga di Kecamatan Medan Kota, Fadli sembari mengabadikan momen tersebut dengan menggunakan kamera handphone. 

Terkait fenomena tersebut, Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan memberikan penjelasan bahwa peredaran planet-planet dalam mengelilingi matahari pada orbitnya yang berbentuk elips.

"Memungkinkan antarplanet akan berpapasan pada waktu tertentu. Fenomena ini juga disebut konjungsi antarplanet," kata On Duty BBMKG I Medan, Hanif Zarkasi, Jumat (24/3/2023) malam.

Editor : Jafar Sembiring

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network