BI Sumut Siapkan Dana Rp6,50 Triliun Untuk Ramadan dan Idul Fitri 2023

Kharisma
Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut, Doddy Zulverdi dalam kegiatan Bincang Bareng Media di Medan. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Menjelang bulan suci Ramadan dan perayaan Hari Raya Idul Fitri 2023, Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) telah menyiapkan uang kartal sebesar Rp6,50 triliun.

Bank Indonesia Sumut menyiapkan dana tersebut untuk kebutuhan Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN) Ramadan dan Idul Fitri 2023 di daerah ini.

“Bank Indonesia telah proyeksikan kebutuhan pada Ramadan dan Idul Fitri tahun ini di Sumut mengalami peningkatan hingga 49 persen dari tahun lalu,” kata Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut, Doddy Zulverdi di Medan, Rabu (22/3/2023). 

Doddy menjelaskan, untuk proyeksi kenaikan kebutuhan yang kartal masa HBKN itu karena kondisi sekarang yang sudah endemi Covid-19 dan tak ada lagi pembatasan. 

Nantinya, kebutuhan itu juga meningkat signifikan dibanding masa Covid-19. Pada tahun 2020 (masa Covid-19) realisasi kebutuhan uang kartal Rp2,88 triliun, tahun 2021 juga masih Covid-19 namun sudah naik menjadi Rp4,97 triliun. Tahun 2022 realisasinya turun lagi menjadi Rp4,36 triliun. 

"Realisasi uang kartal tersebut didistribusikan ke bank-bank di Sumut,” jelas Doddy.

Editor : Odi Siregar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network