Mengintip Keindahan Desa Sippan di Simalungun, Cara Baru Menikmati Pesona Danau Toba

Ahmad Haidir
Mengintip Keindahan Desa Sippan di Simalungun, Cara Baru Menikmati Pesona Danau Toba. (Foto: Jafar/iNewsMedan)

SIMALUNGUN, iNewsMedan.id - Keindahan Danau Toba selalu menarik untuk diulas. Apalagi, pemandangan alam yang disuguhkan membuat para wisatawan betah berlama-lama.

Siapa yang tidak mengetahui Danau Toba? Sebagai danau terbesar di Asia Tenggara, Danau Toba memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan dan menjadi salah satu destinasi wisata populer yang dimiliki Indonesia.


Mengintip Keindahan Desa Sippan di Simalungun, Cara Baru Menikmati Pesona Danau Toba. (Foto: Jafar/iNewsMedan)

Untuk dapat menikmati indahnya Danau Toba, wisatawan biasanya akan langsung mengunjungi lokasi danau beserta Pulau Samosir. Pulau yang berada tepat di tengah-tengah danau, terkenal sebagai destinasi wisata utama ketika mengunjungi Danau Toba.

Tidak hanya Samosir, kini wisatawan dapat mencoba pengalaman baru untuk menikmati Danau Toba. Anda dapat menyaksikan panorama alam Danau Toba dari ketinggian! Ya, Anda dapat mengunjungi Desa Sippan yang lagi viral di kalangan wisatawan. 

Berada di desa ini wisatawan dapat menikmati pemandangan perbukitan hingga Danau Toba yang terlihat mirip lukisan.

Desa ini terkenal seiring viralnya spot wisata terbaru di Danau Toba yang bernama Wisata Anugrah Indah. Tempat ini letaknya di Desa Sippan, Simalungun.

Lantas, seperti apa keindahan Desa Sippan yang lagi hits ini? Berikut ulasannya dirangkum pada Jumat (11/6/2021).

1. Lokasi dan Rute Akses

Wisata Anugrah Indah Sippan merupakan tempat wisata berupa perbukitan yang berada di Desa Silimakuta Barat, Kecamatan Pematang, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Untuk sampai ke objek wisata ini, ada dua jalur yang bisa ditempuh. Kalau memulai perjalanan dari Tanah Karo, Anda bisa memulai perjalanannya dari Merek-Haranggaol-Seribu Dolok. Sementara, jika memulai perjalanan dari Kota Siantar bisa langsung menuju Seribu Dolok. Semua tergantung pilihan dan juga lokasi terdekat.

Terpenting adalah, rute perjalanan menuju Bukit Sippan ini merupakan jalan searah dan terjangkau, sehingga pengunjung tak terlalu jauh dan lama untuk bisa sampai ke objek wisata tersebut. 

Untuk lebih jelasnya, pengunjung bisa menggunakan Google Maps lalu ketik keyword ‘Sippan’.

2. Aktivitas dan Daya Tarik Wisata


Mengintip Keindahan Desa Sippan di Simalungun, Cara Baru Menikmati Pesona Danau Toba. (Foto: Jafar/iNewsMedan)

Dari puncak bukit Wisata Anugrah Indah Sippan ini menawarkan bagi siapapun yang berkunjung untuk bisa menyaksikan biru dan tenangnya air Danau Toba. Selain itu Anda juga dapat menyaksikan keindahan Bukit Gundul Sipiso-piso yang begitu jelas dari tempat ini. Anda juga bisa melihat pemukiman warga yang terletak di bawah kaki bukit.

Untuk aktivitas, sekadar bersantai sekaligus menikmati keindahan Danau Toba dari Bukit ini tentu sudah sangat memuaskan. Namun ada beberapa aktivitas wisata lainnya yang bisa Anda lakukan ketika berada di area wisata yang lagi viral ini.

Dengan lokasinya yang luas, Anda bisa berkemah dengan mendirikan tenda di tempat ini. Opsi tersebut menjadi hal yang sangat layak dicoba di tempat ini. Jika memutuskan berkemah, jangan lewatkan momen matahari terbit alias sunrise maupun menyaksikan panorama sunset atau matahari terbenam dari tempat ini!

Buat para penikmat senja, menunggu tibanya malam dari bukit ini sangatlah indah. Matahari terbenam tersebut dapat Anda lihat searah dengan keberadaannya Bukit Gundul Sipiso-piso yang perlahan-lahan tenggelam. Warna langit jingga yang mulai menyelimuti luasnya langit membuat pemandangan tersebut semakin indah dengan suasana yang tenang. Jangan lupa untuk ditemani secangkir kopi hangat yang bisa menambah suasana menjadi semakin nyaman!

3. Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Untuk bisa berkunjung ke Bukit Sippan ini, pihak pengelola Wisata Anugrah Indah Sippan telah menetapkan harga tiket masuk. Namun jangan khawatir, harganya termasuk sangat murah-meriah dengan pengalaman wisata yang akan Anda dapatkan.

Adapun tarif bisa berubah sewaktu-waktu, tetapi yang pasti tiket masuknya dihitung per orang. Namun secara umum tarifnya ialah sebesar Rp10.000 per orang untuk kendaraan roda empat, sementara bagi yang mengendarai kendaraan roda dua Anda cukup membayar Rp5.000 per orang untuk bisa memasuki area wisata ini.

Sementara, dari segi fasilitas Wisata Anugrah Indah Sippan ini lebih dari cukup. Terdapat beberapa tempat untuk bersantai dan pondok yang menyediakan makanan dan minuman. Fasilitas umum berupa toilet juga bersih dengan halaman parkiran yang cukup luas.

Tetapi untuk Anda yang ingin berkemah di bukit ini, jangan lupa untuk membawa perlengkapan berkemah yang lengkap. Karena pihak pengelola Wisata Anugrah Indah Sippan ini belum menyediakan fasilitas berkemah. 

Artikel ini telah terbit di halaman iNews.id dengan judul Desa Eksotis Ini Lagi Viral di Danau Toba, Bisa Lihat Pemandangan Mirip Lukisan

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network