Bulan Puasa Ramadhan 100 Hari Lagi, Muslim Dianjurkan Lakukan Hal Ini

Vitrianda Hilba Siregar
Bulan puasa Ramadhan tanpa terasa sekitar 100 hari lagi menuju Ramadhan 1444 Hijriah. Sementara saat ini sudah berada di bulan Jumadil Akhir. (Foto: Freepik)

MEDAN, INewsMedan.id  - Bulan puasa Ramadhan tanpa terasa sekitar 100 hari lagi menuju Ramadhan 1444 Hijriah. Sementara saat ini sudah berada di bulan Jumadil akhir.

Sekadar diketahui adapun urut-urutan penanggalan hijriah adalah sebagai berikut

1. Muharram  
2. Safar  
3. Rabiul awal  
4. Rabiul akhir 
5. Jumadil awal  
6. Jumadil akhir 
7. Rajab 
8. Syakban  
9. Ramadhan  
10. Syawal  
11. Dzulkaidah  
12. Dzulhijjah

Ustaz Raehanul Bahraen menjelaskan patutlah Muslim bergembira dan berbahagia menyambut bulan suci Ramadhan. Sebaliknya hendaknya seorang muslim khawatir akan dirinya jika tidak ada perasaan gembira atau biasa-biasa saja akan datangnya Ramadhan.

Allah berfirman,

Katakanlah: ‘Dengan kurnia Allah dan rahmatNya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan” (QS. Yunus [10]: 58).

Lihat bagaimana para ulama dan orang shalih sangat merindukan dan berbahagia jika Ramadhan akan datang. Ibnu Rajab Al-Hambali berkata,

Sebagian salaf berkata, ‘Dahulu mereka (para salaf) berdoa kepada Allah selama enam bulan agar mereka dipertemukan lagi dengan Ramadhan. Kemudian mereka juga berdoa selama enam bulan agar Allah menerima (amal-amal shalih di Ramadhan yang lalu) mereka.” (Latha’if Al-Ma’arif hal. 232)

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network