Deretan Alutsista Andalan Milik TNI AD, AL, dan AU, Buat Lawan Gentar

Nadilla Syabriya
Alutsista TNI. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Kekuatan militer Indonesia berada di peringkat ke-15 dari 140 negara di dunia pada 2022. Hal itu berdasarkan Situs pemeringkat militer dunia Global Firepower.

Kekuatan militer Indonesia mendapatkan skor 0,2251 berada di bawah Irak dan di atas Jerman dan Australia. Untuk peringkat pertama hingga ketiga kekuatan militer terkuat di isi oleh Amerika Serikat, Rusia, dan Tiongkok.

Salah satu unsur pembentuk kekuatan militer suatu negara adalah Alutsista (Alat Utama Sistem Senjata). Ini berhubungan dengan sistem senjata, kendaraan, dan perlengkapan militer lainnya yang dimiliki oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) ataupun Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Dilansir beragam sumber, Selasa (25/10/2022) jumlah alutsista yang dimiliki TNI Angkatan Darat (AD) terdiri atas 1.430 kendaraan tempur lapis baja, 366 artileri tarik, 331 tank, 153 artileri swagerak, dan 63 peluncur roket. Sedangkan TNI Angkatan Laut (AL) memiliki kekuatan terdiri dari 179 kapal patroli, 24 kapal korvet, 10 kapal, penyapu ranjau, tujuh kapal fregat, dan lima kapal selam.

Kemudian, TNI Angkatan Udara (AU) memiliki alutsista yang terdiri atas, helikopter, helikopter tempur, pesawat intai, pesawat latih, pesawat angkut, pesawat tempur, dan pesawat serang darat.

Melansir dari beragam sumber, berikut ini adalah beberapa daftar alutsista andalan yang dimiliki oleh TNI AD, AL,dan AU.

Angkatan Darat

- Tank MBT Leopard 2

- Kendaraan angkut personel antiranjau Hanoman

- Tank Harimau

- Uro Vamtac

- Renault Sherpa Light

- AV-RMD

- M3 Amphibious Rig

- Avibras ASTROS-II Mk6 AV-LMU

- Nexter CAESAR 155mm

- SPA M109A4

- Rudal Mistral Atlas

Editor : Odi Siregar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network