13 Kota Terkaya di Indonesia, Nomor 1 Jakarta Pusat

Faqihah Husnul Khatimah
Jakarta Pusat kota terkaya di Indonesia. (Foto: MPI/Muhammad Farhan)

Teluk Bintuni, Papua Barat

Teluk Bintuni terletak di kawasan kepala burung, Papua. Teluk Bintuni dianugerahi kekayaan alam yang melimpah, terutama minyak dan gas (migas). Selain itu, Teluk Bintuni juga memiliki cadangan minyak bumi dan batu bara yang cukup banyak. PDRB per kapita Teluk Bintuni mengalahkan seluruh kabupaten di Pulau Jawa, yaitu sebesar Rp351.021 juta.

Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau

Kepulauan Anambas dikenal dengan penghasil gas dan minyak. Berkat kekayaan alamnya, kepulauan ini menjadi salah satu kota terkaya di Indonesia. Kepulauan Anambas memiliki PDRB per kapita sebesar Rp342.605 juta.

Bontang, Kalimantan Timur

Bontang dianugerahi kekayaan alam yang luar biasa. Di kota terdapat beberapa perusahaan pertambangan besar. Para investor luar negeri pun melirik kota ini sebagai tempat pembangunan yang menarik dan berpotensi. Meski hanya memiliki tiga kecamatan, Bontang memiliki PDRB per kapita sebesar Rp320,441 juta.

Kutai Timur, Kalimantan Timur

Kota terkaya di Indonesia selanjutnya adalah Kutai Timur. Di Kutai Timur terdapat salah satu perusahaan tambang batu bara besar di Indonesia yaitu PT Bumi Resources Tbk (BUMI). Tambang ini membentang seluas 84.938 hektar dan berdiri sejak 1982. BPS mencantumkan PDRB per kapita Kutai Timur sebesar Rp301.404 juta.

Editor : Odi Siregar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network