Teknik Umpan dalam Bermain Basket, Ada Variasi Dasar dan Variasi Lanjutan

Okta Novanto
Terdapat beberapa cara untuk melakukan umpan dalam bermain basket (Reuters).

iNewsMedan.id - Teknik mengumpan bola basket menjadi dasar bagi setiap orang yang hendak memainkannya. Mengumpan bola basket bertujuan untuk mempermudah gerakan tim baik dalam menyerang ataupun bertahan.

Teknik dasar yang wajib dimiliki setiap pemain bola basket adalah dribble, passing, shooting, pivot, dan lain sebagainya. Dalam teknik mengumpan bola basket dilakukan dengan cara passing. Dalam praktiknya ada beberapa jenis passing.

Jenis passing yang dilakukan tergantung pada kondisi satu sama lain pemain. Dalam artian mengumpan bola basket dilakukan secara kondisional.

Adapun beberapa cara teknik mengumpan bola basket. Berikut informasinya telah sportstars rangkum dari berbagai sumber;

Teknik Mengumpan Bola Basket

Variasi Dasar

1. Bounce Pass

Bounce pass merupakan jenis teknik mengumpan dalam permainan bola basket yang dilakukan dengan cara memantulkan bola ke lantai. Tujuan bounce pass untuk menghindari hadangan pemain lawan sehingga bola tidak terebut.

2. Chest Pass

Chest pass adalah teknik mengumpan dalam permainan bola basket dengan cara bola dilempar kepada rekan setim searah dada. Cara melakukan chest pass dilakukan dengan menggunakan kedua tangan.

3. Overhead Pass

Sesuai namanya, overhead pass adalah teknik mengumpan bola dari atas kepala (overhead). Cara melakukannya ialah mengangkat bola hingga atas kepala, lalu melemparkannya menggunakan dua tangan.

4. Wraparound Pass

Wraparound pass adalah teknik mengumpan bola basket yang kerap dilakukan oleh pemain basket ketika berhadapan dengan lawan dalam jarak yang dekat. Teknik ini dilakukan dengan cara melempar bola ke arah rekan setim melewati bagian bawah lengan pemain lawan yang melakukan gerakan menghalangi.

Variasi Lanjutan

1. Dribble Pass

Dribble pass merupakan teknik mengumpan bola basket dengan satu pemain memberikan umpan kepada pemain lain setelah ia menggiring bola (dribble). Cara melakukan dribble pass dengan melemparkan bola menggunakan satu tangan setelah selesai melakukan dribble dengan tujuan mengecoh lawan dan mempercepat serangan.

2. Baseball Pass

Teknik mengumpan bola basket yang digunakan untuk mengoper bola jarak jauh yaitu baseball pass. Teknik mengumpan ini dilakukan dengan cara melempar bola dari atas atau belakang kepala.

Passing ini berfungsi agar bola melambung dan melewati lawan. Baseball pass merupakan jenis operan jarak jauh dan biasanya jarak si penerima berada di setengah lapangan atau lebih.

3. Behind The Back Pass

Behind the back pass merupakan teknik mengumpan bola basket yang sulit dilakukan. Teknik ini membutuhkan skill ketepatan melakukan variasi gerakan, akurasi lemparan, serta keseimbangan tubuh. Cara melakukan teknik behind the back pass yaitu melempar bola melewati belakang punggung.

4. Pick and Roll Pass

Pick and roll pass adalah kombinasi gerakan pick and roll dengan gerakan passing atau mengumpan. Tujuan dari pick and roll adalah membukakan ruang agar pemain bisa menembus lebih dalam daerah pertahanan lawan. 

Demikian informasi mengenai teknik mengumpan bola basket, semoga dapat menambah wawasan bagi pembaca setia sportstars.

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network