Mengenal Adolf Dassler, Pendiri Adidas yang Fanatik dengan Olahraga

Ikhsan Permana SP
Adolf Dassler, pendiri Adidas yang sempat jadi pembuat roti. Foto: adidas-group.com

Saat itu, meski Rudolf menjadi tentara, namun Adolf terus menjalankan pabrik selama perang. Pada akhir 1940-an, perselisihan antara mereka terjadi dan menyebabkan kemitraan berakhir untuk selamanya.  

Adolf menggunakan nama panggilannya Adi yang digabungkan dengan suku kata pertama dari nama belakangnya untuk menciptakan nama perusahaan Adidas pada 1949 dan memperkenalkan logo Three Stripes. Dia membentuk Adidas AG pada Agustus 1949. Sementara Rudolf mendirikan perusahaan saingan dengan nama Puma.  

Adidas tidak menjual produk di Amerika Serikat sampai 1968, tetapi popularitas sepatu itu cepat menyebar di kalangan atlet, sehingga pada akhirnya menjadi sepatu olahraga terlaris di Amerika. Pada Olimpiade 1972, setiap pejabat dan mayoritas atlet memakai sepatu Adidas.  

Selain sepatu, Adidas juga sukses menciptakan dan menjual tas pada 1952. Setelah itu, berkembang dengan menjual pakaian olahraga pada 1960-an.   

Adi Dassler meninggal pada 1978 dan putranya Horst dan istrinya, Kathe mengambil alih perusahaan. Horst, yang kemudian mendirikan merek di Prancis, meninggal pada 1987 pada usia 51 tahun. 

Pada 1989, investor Prancis Bernard Tapie membeli Adidas dengan uang pinjaman. Perusahaan itu berbadan hukum, tetapi tetap milik keluarga. Tapie memindahkan produksi ke Asia dan membawa Madonna sebagai juru bicara selebriti.  

Pada 1991, Adidas Equipment diluncurkan, menawarkan pakaian dan alas kaki. Adidas mensponsori turnamen streetball 1992, membantu mengubah streetball menjadi olahraga yang diakui. Namun karena tidak dapat membayar utangnya, Tapie menjual Adidas.  

Credit Lyonnais mengubah utangnya menjadi ekuitas Adidas, Robert Louis-Dreyfus menjadi manajer dan pada 1993 membeli Adidas. Pada 1994, Adidas meluncurkan Adidas Predator Cup untuk menemukan pemain muda berbakat di sepak bola. Adidas menjadikan Kobe Bryant ambassador dan go public pada 1995. 

Pada 1997, Adidas dan grup Salomon membentuk Adidas-Salomon AG. Dua tahun kemudian, Adidas-Salomon kembali ke Herzogenaurach dengan kampus World of Sports-nya. Adidas membuka Adidas Village, markas besarnya di Amerika Utara pada 2002. Dengan desainer Stella McCartney, Adidas menciptakan lini desainer yang layak di catwalk dan pada 1995, dengan merilis Adidas_1, sepatu pertama yang dikendalikan komputer untuk konsumen. 

Pada 2005, Adidas menjual segmen Salomon, mengembalikan Adidas ke akarnya (Adidas Group). Pada 2006 sistem pelatihannya, Project Fusion, mengintegrasikan teknologi pemantauan ke dalam pakaian. Kemudian, Adidas mengakuisisi Reebok International Inc. pada 2006 dan diubah kembali menjadi Adidas AG.

Editor : Odi Siregar

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network