Penasaran Satu Galon Berapa Liter? Ini Jawabannya

Assyifa Nurul Aini
Penasaran Satu Galon Berapa Liter? Ini Jawabannya

Sebab setiap merek perusahaan yang memproduksi air mineral memiliki kapasitas galon yang berbeda. Berapa liter air dalam satu galon? Dikutip dari buku Perca-perca Bahasa, karya Holy Adib, galon terbagi ke dalam dua jenis dengan ukuran yang berbeda, yaitu:  

Galon Besar 

Galon besar ini merupakan galon yang memiliki kapasitas 18 liter dan 19 liter. Ukuran ini seperti yang digunakan oleh salah satu merek air mineral di Indonesia. 

Galon Kecil

Sesuai dengan namanya, galon kecil tentu memiliki kapasitas lebih sedikit dibanding galon besar. Besaran ukuran dari galon kecil adalah 10 liter dan 12 liter. 

Jadi, satu galon berapa liter adalah tergantung dengan ukuran galonnya, antara ukuran galon besar dan kecil. Selain itu, ada juga air mineral yang dikemas dalam bentuk botol dan memiliki kapasitas 240 mililiter untuk botol kecil, kapasitas 600 mililiter untuk botol sedang, dan 1,6 liter atau 1.600 mililiter untuk botol besar.  

Perlu diketahui bahwa liter merupakan satuan volume dalam sistem pengukuran standar internasional. Volume satu liter sama dengan 1.000 cm³ atau satu desimeter kubik. Terdapat 1.000 cm dalam satu desimeter dan liter juga biasa digunakan untuk mengukur volume barang yang disesuaikan dengan ukuran wadahnya itu sendiri.

Misal, cairan atau kumpulan padatan kecil bisa dituangkan dari satu wadah ke wadah lainnya.  Nah itu dia teman-teman, artikel ini sudah menjelaskan satu galon berapa liter kapasitasnya yang tersedia. Jangan lupa diingat bahwa liter juga dapat disebut sebagai sentimeter kubik ya!

Editor : Ismail

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network