Deretan Pemilik Klub Sepakbola Terkaya di Dunia, Ini Daftarnya

Rilo Pambudi
Daftar pemilik klub sepakbola terkaya di dunia- Mohammed bin Salman (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Deretan pemilik klub sepakbola terkaya di dunia ini memiliki kekayaan dengan nilai yang fantastis. Tak heran, para bos besar tersebut rela merogoh kocek untuk kepentingan klubnya.

Oleh sebab itu, tidak heran jika para konglomerat dari berbagai belahan dunia terjun menginvestasikan kekayaannya ke klub sepakbola.

Dalam lima tahun terakhir, nama-nama seperti Sheikh Mansour telah muncul sebagai pemilik tim sepak bola terkaya dan masih di jajaran teratas. 

Ada juga taipan asal Austria, Dietrich Mateschitz, selaku pemilik tim Red Bull Leipzig yang masih menjadi jajaran pemilik klub terkaya di dunia.

Sayangnya, nama Roman Abramovich yang pernah menjadi pemilik Chelsea kini telah tergantikan oleh pemilik baru, yakni Todd Boehly, sejak 7 Mei 2022 lalu.

Lantas siapa saja yang kini masuk dalam daftar pemilik tim sepak bola terkaya di dunia per 2022? Berikut iNews.id rangkum daftar lengkapnya dari The Sun dan Football Transfer, Senin (27/6/2022).

1. PIF pemilik Newcastle United

Pada Oktober 2021 lalu, Newcastle United resmi dibeli oleh Konsorsium Arab Saudi. Konsorsium itu melibatkan Public Investment Fund (PIF) Arab Saudi, PCP Capital Partners, dan Reuben Bersaudara. PIF yang dimiliki oleh Mohammed bin Salman mengambil alih saham klub sebesar 80 persen.

Mohamed bin Salman membeli saham mayoritas Newcastle United seharga 300 juta pounds atau sekitar Rp5,8 triliun.

Diketahui, Mohamed bin Salman memiliki kekayaan yang sangat fantastis. Melalui konsorsiumnya Public Investment Fund (PIF), total kekayaan Mohamed bin Salman mencapai 320 miliar pounds atau Rp6.190 triliun.

Editor : Odi Siregar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network