Tingkatkan Literasi Baca, PKM FIB USU Gelar Pelatihan Dongeng di Rupin Yafsi

Jafar
Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara menggelar pelatihan dongeng nusantara di Rumah Pintar Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia, di Jalan Pengilar, Kelurahan Amplas, Kota Medan. (Foto: Jafar)

MEDAN, iNews.id - Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara menggelar pelatihan dongeng nusantara kepada peserta Rumah Pintar (Rupin) Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia (Yafsi) di Jalan Pengilar, Kelurahan Amplas, Kota Medan. Sabtu (25/6/2022).

Ketua PKM FIB USU, Mhd Pujiono mengaku, bahwa pihaknya prihatin melihat anak-anak sekarang yang lebih tertarik terhadap cerita kartun asal luar negeri dan mulai lupa dengan dongeng-dongeng yang berasal dari dalam negeri.

"Untuk meningkatkan literasi mereka terhadap cerita rakyat, maka mendongeng merupakan salah satu metode yang ampuh dalam menumbuhkembangkan daya nalar, rasa ingin tahu dan kreativitas anak," jelas Pujiono.

Pujiono menambahkan, anak-anak memiliki kemampuan daya ingat yang kuat. kiranya, penting untuk meningkatkan minat literasi, terkhusus anak-anak yang berada di Rumah Pintar Yafsi. 

"Kami juga akan memberikan bahan bacaan yang berisi dongeng-dongeng nusantara, setelah membaca nanti mereka akan mempraktikkan bagaimana cara mendongeng dengan baik," pungkasnya.

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network