Imigrasi Medan Pertahankan WBBM 2025: Komitmen Integritas Lewat Inovasi Layanan
MEDAN, iNewsMedan.id - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan kembali berhasil mempertahankan predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) setelah menjalani Desk Evaluasi oleh Tim Penilai Internal (TPI) dari Inspektorat Jenderal Kementerian Imigrasi dan Pemasyarakatan pada 20 hingga 23 Oktober 2025.
Kepala Kantor Imigrasi Medan, Uray Avian, membuka kegiatan evaluasi dan menegaskan pentingnya menjaga komitmen seluruh jajaran terhadap nilai-nilai integritas serta pelayanan publik yang berkualitas dalam upaya mempertahankan Zona Integritas.
Desk Evaluasi mencakup enam area perubahan utama Zona Integritas: Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Sistem Manajemen SDM Aparatur, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan, dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.
Dalam pemaparannya, Uray Avian menyoroti sejumlah capaian kinerja dan inovasi layanan yang menjadi kunci keberhasilan, di antaranya:
- Smart Eazy Paspor
- Pelayanan Antar Paspor Selesai (I-MED LAPS)
- I-MED PRIORITAS
- Pelayanan Izin Tinggal Same Day Service WNA (I-MED SDS WNA)
- Pelayanan BAP Paspor Hilang/Rusak Same Day Service (I-MED SDS BAP PASPOR)
- Layanan digital seperti Simsuper (aplikasi unduh surat penolakan paspor secara daring) dan Layanan Rumah Sakit Sepenuh Hati (I-MED LARASATI).
“Inovasi menjadi bagian penting dari perubahan yang memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan keimigrasian,” ujar Uray Avian, Kamis (23/10/2025).
Perwakilan TPI, Ami Amatunissa, menyampaikan bahwa fokus penilaian adalah untuk memastikan komitmen satuan kerja dalam mempertahankan predikat yang telah diraih, mencakup aspek pelayanan publik, sarana/prasarana, survei kepuasan masyarakat, dan inovasi layanan.
“Kami ingin memastikan semangat Zona Integritas tidak berhenti setelah predikat diraih, tetapi terus berlanjut dan berkembang,” tegas Ami.
Ia juga menekankan bahwa predikat WBBM adalah wujud nyata budaya kerja berintegritas di lingkungan kementerian.
“WBBM bukan hanya simbol prestasi, tetapi cerminan dari komitmen bersama untuk menghadirkan manfaat nyata bagi masyarakat sekaligus menekan potensi penyimpangan," jelas Ami.
Menanggapi isu viral yang sempat mencuat, Kepala Kantor menegaskan respons cepat dan transparansi dalam penyelesaian masalah, serta optimalisasi fungsi pengawasan internal melalui Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian.
“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh Tim Penilai Internal. Seluruh pegawai kami arahkan untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik, transparan, dan berintegritas tinggi dengan berpedoman pada nilai PRIMA — Profesional, Responsif, Inovatif, Modern, dan Akuntabel,” tutup Uray Avian.
Dengan hasil Desk Evaluasi ini, Imigrasi Medan mempertegas komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mewujudkan birokrasi yang bersih, profesional, dan berorientasi pada pelayanan prima.
Editor : Jafar Sembiring