get app
inews
Aa Text
Read Next : Layanan Cepat dan Praktis, Imigrasi Medan Pangkas Jarak untuk Warga Langkat dan Binjai

Inovasi Humanis I-MED LARASATI, Permudah Pasien Rumah Sakit Urus Paspor

Selasa, 19 Agustus 2025 | 16:24 WIB
header img
Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan terus menunjukkan komitmennya dalam memberikan pelayanan publik yang humanis melalui program I-MED LARASATI. Foto: Istimewa

MEDAN, iNewsMedan.id - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan terus menunjukkan komitmennya dalam memberikan pelayanan publik yang humanis melalui program I-MED LARASATI (Imigrasi Medan Layanan Foto Paspor di Ramah Sakit Sepenuh Hati). Diluncurkan sejak 2018, program ini memungkinkan pasien yang sedang dirawat di rumah sakit untuk tetap bisa mengurus paspor tanpa harus datang ke kantor imigrasi.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan, Uray Avian, menjelaskan bahwa program ini adalah wujud nyata dari kepedulian negara.

“Melalui I-MED LARASATI, kami memastikan setiap warga negara tetap mendapatkan hak pelayanan keimigrasian, meskipun dalam kondisi sakit atau keterbatasan mobilitas. Petugas hadir langsung dengan sepenuh hati, membawa semangat empati dan kepedulian,” ujar Uray, Selasa (19/8/2025).

Sejak digulirkan tujuh tahun lalu, I-MED LARASATI telah membantu puluhan pasien di Medan dan sekitarnya. Petugas Imigrasi akan datang langsung ke rumah sakit tempat pasien dirawat untuk melakukan seluruh proses pengurusan paspor, mulai dari pemeriksaan dokumen, perekaman biometrik, hingga pengambilan foto.

Uray Avian menambahkan bahwa program ini adalah salah satu implementasi dari 13 Akselerasi Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan, khususnya dalam hal peningkatan kualitas layanan, perluasan jangkauan, dan penguatan nilai kemanusiaan.

"Pelayanan publik bukan hanya soal kecepatan dan kemudahan, tapi juga menghadirkan sisi kemanusiaan. I-MED LARASATI adalah bukti bahwa negara hadir bahkan ketika masyarakat berada di situasi paling sulit," tambahnya.

Rasa terima kasih datang dari Ibu Rahayu (45), salah satu keluarga pasien yang memanfaatkan layanan ini. Suami Ibu Rahayu yang sedang sakit keras tidak memungkinkan untuk datang ke kantor imigrasi, padahal paspor sangat dibutuhkan untuk keperluan mendesak.

"Puji syukur ada layanan I-MED LARASATI. Petugas datang dengan ramah, membantu semua proses tanpa memberatkan keluarga. Rasanya benar-benar terbantu, kami merasa negara hadir di saat kami paling membutuhkan," ungkapnya.

Dengan keberhasilan yang telah berjalan sejak 2018, I-MED LARASATI terus membuktikan bahwa pelayanan publik dapat berjalan berdampingan dengan rasa empati. Program ini menunjukkan wajah negara yang peduli terhadap warganya, bahkan dalam kondisi paling sulit sekalipun.

Editor : Chris

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut