Stasiun Medan Diserbu Penumpang, Arus Balik Tembus 21 Ribu Orang

MEDAN, iNewsMedan.id- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumatera Utara mencatat sebanyak 21.282 penumpang tiba di Stasiun Medan selama periode arus balik Lebaran 2025, terhitung sejak 2 hingga 6 April. Para penumpang ini berasal dari berbagai stasiun di Sumut, seperti Rantau Prapat, Kisaran, dan Tanjung Balai.
Manager Humas KAI Divre I Sumut, M. As'ad Habibuddin, menjelaskan bahwa volume penumpang tertinggi kedua terjadi pada Minggu, 6 April 2025, dengan total 12.211 penumpang. Angka ini hanya sedikit di bawah puncak arus balik pada 3 April yang mencapai 12.358 penumpang.
"Secara keseluruhan, selama 17 hari masa Angkutan Lebaran 2025, yakni 21 Maret hingga 6 April, KAI Sumut telah melayani 165.246 penumpang," ujar As’ad, Senin 7 April 2025.
Berikut rincian penumpang berdasarkan rute kereta api:
KA Putri Deli (Medan–Tanjung Balai PP): 70.797 penumpang
KA Sribilah Utama (Medan–Rantau Prapat PP): 57.419 penumpang
KA Siantar Ekspres (Medan–Siantar PP): 28.798 penumpang
KA Datuk Belambangan (Tebing Tinggi–Lalang PP): 5.437 penumpang
KA Cut Meutia (Krueng Mane–Krueng Geukueh PP): 2.795 penumpang
Stasiun dengan volume keberangkatan tertinggi:
Stasiun Medan: 61.716 penumpang
Stasiun Rantau Prapat: 16.613 penumpang
Stasiun Kisaran: 16.197 penumpang
Sedangkan volume kedatangan tertinggi tercatat di:
Stasiun Medan: 54.712 penumpang
Stasiun Rantau Prapat: 19.360 penumpang
Stasiun Kisaran: 18.090 penumpang
As’ad menambahkan, tingginya jumlah penumpang menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap moda transportasi kereta api. Untuk menghadapi lonjakan serupa di musim liburan mendatang, KAI Sumut telah menyiapkan sejumlah strategi, termasuk penyesuaian jadwal dan peningkatan layanan.
Ia juga mengimbau penumpang untuk datang lebih awal ke stasiun guna menghindari antrean dan mempermudah proses pemeriksaan tiket serta barang bawaan. Khusus di Stasiun Medan, penumpang disarankan memanfaatkan Face Recognition Boarding Gate agar proses masuk lebih cepat tanpa perlu menunjukkan tiket atau kartu identitas.
Selain itu, KAI juga menyediakan Free Water Station di Stasiun Medan dan Tebing Tinggi. Penumpang cukup membawa tumbler untuk mengisi ulang air secara gratis, sebagai bagian dari dukungan KAI terhadap program pembangunan berkelanjutan (SDG’s).
Untuk mengantisipasi lonjakan arus balik, KAI Sumut mengoperasikan dua perjalanan tambahan KA Sribilah Utama setiap hari dan menambah rangkaian di beberapa rute utama, seperti KA Putri Deli, KA Sribilah Utama, dan KA Siantar Ekspres.
Editor : Ismail