get app
inews
Aa Text
Read Next : 141 Ribu Penumpang Gunakan Kereta Api di Sumut Selama Lebaran 2025

Stasiun Medan Diserbu Penumpang, Arus Balik Tembus 21 Ribu Orang

Senin, 07 April 2025 | 11:22 WIB
header img
Stasiun Medan Diserbu Penumpang, Arus Balik Tembus 21 Ribu Orang. (Ist)

MEDAN, iNewsMedan.id- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumatera Utara mencatat sebanyak 21.282 penumpang tiba di Stasiun Medan selama periode arus balik Lebaran 2025, terhitung sejak 2 hingga 6 April. Para penumpang ini berasal dari berbagai stasiun di Sumut, seperti Rantau Prapat, Kisaran, dan Tanjung Balai.

Manager Humas KAI Divre I Sumut, M. As'ad Habibuddin, menjelaskan bahwa volume penumpang tertinggi kedua terjadi pada Minggu, 6 April 2025, dengan total 12.211 penumpang. Angka ini hanya sedikit di bawah puncak arus balik pada 3 April yang mencapai 12.358 penumpang.

"Secara keseluruhan, selama 17 hari masa Angkutan Lebaran 2025, yakni 21 Maret hingga 6 April, KAI Sumut telah melayani 165.246 penumpang," ujar As’ad, Senin 7 April 2025.

Berikut rincian penumpang berdasarkan rute kereta api:

KA Putri Deli (Medan–Tanjung Balai PP): 70.797 penumpang

KA Sribilah Utama (Medan–Rantau Prapat PP): 57.419 penumpang

KA Siantar Ekspres (Medan–Siantar PP): 28.798 penumpang

KA Datuk Belambangan (Tebing Tinggi–Lalang PP): 5.437 penumpang

KA Cut Meutia (Krueng Mane–Krueng Geukueh PP): 2.795 penumpang

Stasiun dengan volume keberangkatan tertinggi:

Stasiun Medan: 61.716 penumpang

Stasiun Rantau Prapat: 16.613 penumpang

Stasiun Kisaran: 16.197 penumpang

Sedangkan volume kedatangan tertinggi tercatat di:

Stasiun Medan: 54.712 penumpang

Stasiun Rantau Prapat: 19.360 penumpang

Stasiun Kisaran: 18.090 penumpang

As’ad menambahkan, tingginya jumlah penumpang menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap moda transportasi kereta api. Untuk menghadapi lonjakan serupa di musim liburan mendatang, KAI Sumut telah menyiapkan sejumlah strategi, termasuk penyesuaian jadwal dan peningkatan layanan.

Ia juga mengimbau penumpang untuk datang lebih awal ke stasiun guna menghindari antrean dan mempermudah proses pemeriksaan tiket serta barang bawaan. Khusus di Stasiun Medan, penumpang disarankan memanfaatkan Face Recognition Boarding Gate agar proses masuk lebih cepat tanpa perlu menunjukkan tiket atau kartu identitas.

Selain itu, KAI juga menyediakan Free Water Station di Stasiun Medan dan Tebing Tinggi. Penumpang cukup membawa tumbler untuk mengisi ulang air secara gratis, sebagai bagian dari dukungan KAI terhadap program pembangunan berkelanjutan (SDG’s).

Untuk mengantisipasi lonjakan arus balik, KAI Sumut mengoperasikan dua perjalanan tambahan KA Sribilah Utama setiap hari dan menambah rangkaian di beberapa rute utama, seperti KA Putri Deli, KA Sribilah Utama, dan KA Siantar Ekspres.

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut