get app
inews
Aa Text
Read Next : Jadwal Buka Puasa Ramadhan Hari Keduabelas di Medan, 12 Maret 2025

Capai AgenBRILink Jawara, Reni Raup Keuntungan Hingga Rp 10 Juta Per Bulan

Selasa, 11 Maret 2025 | 17:57 WIB
header img
Reni Hariani, warga Medan Area sukses menjalankan bisnis AgenBRILink di Jalan Halat Simpang Megawati. (Foto: iNewsMedan.id/Mayfazri)

MEDAN, iNewsMedan.id – Reni Hariani (32), warga Medan Area sukses menjalankan bisnis AgenBRILink di Jalan Halat Simpang Megawati. Berawal dari saran sang adik pada tahun 2020, ia memanfaatkan kios yang sebelumnya disewa ayahnya untuk usaha.

“Saya awalnya hanya menjual pulsa, paket data, dan aksesoris HP dalam jumlah terbatas. Kemudian saya coba tanya ke BRI Unit Bakti, sebulan menunggu akhirnya bisa menjalankan BRILink,” ujar Reni saat ditemui tim iNewsMedan.id di gerainya pada Senin (10/3/2025).

Di awal usaha, ia hanya mengandalkan modal nekat. Namun karena menjadi satu-satunya AgenBRILink di lokasi tersebut, bisnisnya berkembang pesat berkat promosi dari mulut ke mulut. Dalam empat bulan pertama, ia bahkan berhasil mencapai target transaksi dan mendapatkan mesin EDC dari BRI untuk mempermudah layanan.

“Penghasilan dari BRILink saja bisa mencapai Rp 300 ribu per hari, tergantung kebutuhan pelanggan,” ungkapnya.

Dari setiap transaksi kecil, ia menetapkan biaya standar Rp 5.000, sementara untuk nominal besar, biaya administrasi disesuaikan. Layanan tersedia diantaranya tarik tunai, transfer, cek saldo, pulsa/paket data, dan bayar tagihan.

Dalam menjalankan usahanya, Reni juga sering menghadapi berbagai modus penipuan, terutama terkait top-up e-wallet dan transfer dana. Untuk mengantisipasinya, ia selalu menerapkan SOP ketat dengan menerima uang terlebih dahulu sebelum memproses transaksi.

“Saya sudah bisa mengenali modus penipuan, biasanya mereka sibuk menelepon dan memaksa transaksi duluan. Saya selalu edukasi pelanggan agar lebih waspada,” jelasnya.


Reni Hariani, warga Medan Area sukses menjalankan bisnis AgenBRILink di Jalan Halat Simpang Megawati. (Foto: iNewsMedan.id/Mayfazri)

Salah satu pengalaman yang diingat Reni adalah ketika seorang pelanggan mengaku tertipu setelah mentransfer Rp 24 juta untuk biaya pengobatan saudaranya. “Padahal saya sudah mengingatkan agar memastikan tujuannya, tapi kesadaran pelanggan memang harus lebih ditingkatkan,” katanya.

Dengan bisnis yang semakin berkembang, Reni kini meraup keuntungan Rp 8–10 juta per bulan. Untuk menjaga kelancaran transaksi, ia selalu menyediakan saldo kas sekitar Rp 100 juta.

“Saldo ini untuk memastikan kebutuhan pelanggan terpenuhi. Tapi kalau di lokasi yang lebih kecil, mungkin tidak perlu sebanyak itu,” katanya.

Editor : Chris

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut