get app
inews
Aa Read Next : Polda Sumut Ungkap Peredaran Narkoba di Kota Tanjungbalai

TNI AL Tangkap Kapal Selundupkan Puluhan Calon PMI Ilegal di TBA

Selasa, 15 Maret 2022 | 14:09 WIB
header img
TNI Angkatan Laut menggagalkan penyeludupan puluhan PMI ilegal di Perairan Silo Baru, Kabupaten Asahan, Sumut. Selasa (15/3/22).

TANJUNGBALAI, iNews.id-   TNI Angkatan Laut menggagalkan penyeludupan puluhan PMI ilegal di Perairan Silo Baru, Kabupaten Asahan, Sumut, Selasa (15/3/22). Puluhan PMI ilegal itu diangkut menggunakan kapal motor (KM) tanpa nama yang diawaki seorang nakhoda serta 3 ABK.

Kapal itu memuat 23 orang, terdiri dari 12 laki-laki dan 11 perempuan yang diduga calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang akan diselundupkan ke Malaysia melalui jalur tidak resmi (ilegal). 

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Tanjung Balai Asahan Letkol Laut (P) Aan Prana Tua Sebayang mengatakan bahwa petugas bergerak setelah mendapatkan informasi yang langsung ditindaklanjuti dengan melaksanakan pengintaian dan penyisiran di sekitar perairan Bagan Asahan sampai Silo Baru.

"Sekitar Pukul 04.30  tim berhasil menangkap dan mengamankan kapal kayu tanpa nama di Perairan Bagan Asahan, setelah dicek awal di lapangan, penumpang diduga calon PMI Ilegal" paparnya

Selanjutnya  petugas membawa kapal kayu tersebut menuju Posmat Bagan Asahan untuk penyelidikan lebih lanjut.

"Saat ini KM Tanpa Nama diamankan di Posbabinpotmar Bagan Asahan sedangkan Nakhoda dan ABK serta Calon PMI ilegal akan dimintai keterangan di Mako Lanal Tanjung Balai Asahan sebelum dilimpahkan kepada petugas berwenang untuk proses lanjutan,"pungkasnya.

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut