get app
inews
Aa Read Next : Pertama di Wilayah Sumatera, KAI Resmikan Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Medan

Sambut HUT ke 79 KAI, Divre I Sumut Gelar Layanan Kesehatan Gratis dengan Rail Clinic

Rabu, 18 September 2024 | 17:40 WIB
header img
Sambut HUT ke 79 KAI, Divre I Sumut Gelar Layanan Kesehatan Gratis dengan Rail Clinic. (iNewsMedan.id/Istimewa)

Medan, iNewsMedan.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumatera Utara (Divre I Sumut) menyelenggarakan layanan kesehatan gratis melalui program Rail Clinic, dalam rangka menyambut HUT ke-79 KAI.

Program ini merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang ditujukan kepada masyarakat, khususnya yang tinggal di sekitar wilayah kerja kereta api.

Bakti sosial Rail Clinic ini berlangsung selama dua hari, dengan lokasi di Stasiun Mambang Muda pada Rabu dan Stasiun Padang Halaban. Selama kegiatan tersebut, masyarakat yang tinggal di sekitar stasiun mendapatkan pelayanan dan pengobatan gratis.

Anwar Solikhin, Manager Humas KAI Divre I Sumut, menjelaskan bahwa program Rail Clinic ini merupakan salah satu bentuk komitmen KAI dalam memberikan layanan lebih kepada masyarakat, terutama di bidang kesehatan.

“Kami berharap, melalui kegiatan ini, kesehatan masyarakat yang tinggal di sekitar jalur kereta api dapat meningkat, serta menumbuhkan kecintaan dan kesadaran akan pentingnya menjaga keselamatan perjalanan kereta api,” ujar Anwar, Rabu (18/9).

Ia juga menambahkan bahwa program ini sejalan dengan upaya KAI untuk menjangkau wilayah-wilayah yang sulit diakses oleh transportasi umum lainnya.

Rail Clinic sendiri merupakan kereta kesehatan yang bertujuan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang tinggal di daerah-daerah yang sulit diakses kendaraan umum. Melalui jalur kereta api, program ini menjangkau wilayah terpencil, menghadirkan layanan kesehatan primer seperti pemeriksaan umum, gigi, kesehatan ibu dan anak, kesehatan mata, apotek, penyuluhan kesehatan, serta pemeriksaan kebidanan lanjutan. Fasilitas dalam Rail Clinic juga mencakup dental unit, EKG, USG, autorefraktometer, dan laboratorium.

Untuk pelaksanaan kegiatan ini, KAI Divre I Sumut menyiapkan tim kesehatan yang terdiri dari 2 dokter umum, 2 dokter gigi, 1 dokter spesialis kandungan, 1 bidan, 2 analis, dan 2 apoteker. Selama dua hari pelaksanaan, sekitar 400 masyarakat di sekitar stasiun mendapatkan layanan kesehatan gratis. Selain itu, 20 siswa SD juga menerima kacamata gratis setelah melalui pemeriksaan mata sebelumnya.

Kegiatan ini juga diisi dengan sosialisasi keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api. KAI Divre I Sumut mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di sepanjang jalur kereta api demi menjaga keselamatan bersama. Selain itu, disampaikan pula informasi mengenai pemesanan tiket melalui aplikasi Access by KAI.

Dengan adanya bakti sosial pengobatan gratis ini, KAI berharap dapat meningkatkan kesehatan masyarakat sekitar stasiun, sekaligus menumbuhkan kecintaan dan kepedulian masyarakat terhadap keselamatan perjalanan kereta api.

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut