get app
inews
Aa Read Next : Pemprov Sumut Canangkan Gerakan Gotong Royong SERTAKAN, Ini Tujuannya

Tak Sesuai Agenda, Seleksi Jabatan Kadinkes dan Kabiro Hukum Pemprov Sumut Dinilai Cacat Prosedur

Rabu, 11 September 2024 | 15:47 WIB
header img
Ilustrasi lelang jabatan. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Seleksi pengisian jabatan eselon II untuk mengisi jabatan Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Biro Hukum dituding cacat prosedur. Demikian dikatakan narasumber yang enggan disebutkan namanya pada Rabu (11/9/2024). 

Diungkapkannya dari pertama pendaftaran lelang jabatan khususnya di Kepala Biro Hukum Sekretariat Pemprov Sumut dan Kepala Dinas Kesehatan Sumut ditunda seminggu tanpa alasan yang tidak jelas.

"Karena saat awal pun pendaftar sudah quorum tapi ditunda," ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, penilaian dan pengumuman ujian makalah terlalu lama dari agenda semula yang hanya 2 hari setelah ujian makalah. 

"Penguji yang disampaikan ketua pansel kepada peserta lelang ternyata tidak benar. Padahal saat pembukaan ujian penulisan makalah sekda mengumumkan kepada semua peserta lelang bahwa pengujinya 5 orang. Tapi saat wawancara, penguji hanya 4 orang," ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, ada yang tulisan makalah gak selesai tapi lulus, yang lebih parah ada yang nulis dari rumah pun lulus.

"Ternyata panitia menyiapkan kertas double folio utk latar belakang HVS biar tulisan tetap bisa rapi. Jadi gak perlu garis bawah karena waktu penulisan sempai hanya 90 menit. Ada cctv diruang ujian untuk melihat kejadian tersebut," ungkapnya.

Jadi Dia berharap agar pemerintah khususnya Pemprov Sumut transparan dan adil dalam membuat lelang jabatan kedepannya dan meminta agar lelang jabatan Kadis Dinkes Sumut dan Biro Hukum diperiksa oleh pihak yang berwenang.

"Jadi memang lelang jabatan Kadinkes Sumut dan Biro Hukum cacat prosedur. Diduga ada KKN dan pansel (panitia seleksi) diduga merekayasa proses seleksi," pungkasnya. 

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Sumut Arief Trinugrogo saat dikonfirmasi awak media terkait dugaan kecurangan di seleksi jabatan eselon II itu belum memberikan komentar hingga berita ini diterbitkan.

Editor : Chris

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut