get app
inews
Aa Read Next : Pasangan Antonius-Komando Usul Modernisasi Pertanian untuk Tingkatkan Kesejahteraan Petani di Karo

7 Inspirasi Usaha yang Unik untuk Pemula

Minggu, 01 September 2024 | 14:57 WIB
header img
Ilustrasi Inspirasi Usaha FnB. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id - Produk Domestik Bruto (PDB) ekonomi kreatif sebagian besar didukung dari Industri kuliner. Diketahui bahwa industri kuliner menyumbang Rp455,44 triliun atau sekitar 41 persen dari total PDB ekonomi kreatif pada 2020 sebesar Rp1.134 triliun. 

Selain itu, sepanjang 2020, terdapat 3,7 juta UMKM yang berjualan online, sehingga total ada 11,7 UMKM yang sudah bertranformasi ke ranah digital. Tidak heran banyak pelaku kreatif memilih membuka usaha Food and Beverage (F&B). 

Kali ini, jika tertarik untuk membuka usaha F&B, Anda bisa memilih jenis usaha apa yang akan dijalani. Sebab, untuk menjalani bisnis ini Anda membutuhkan konsep unik dan berpotensi untuk menarik perhatian konsumen. 

Penasaran, apa saja inspirasi bisnis F&B? Berikut ulasannya dirangkum pada Jumat (30/8/2024).

1. Cafe Tematik

Buka kafe dengan tema unik, seperti kafe hewan (kucing, anjing), kafe buku, atau kafe dengan tema vintage. Pengalaman yang berbeda dan suasana yang menyenangkan bisa menjadi daya tarik utama.

2. Food Truck

Food truck memiliki fleksibilitas dalam berpindah tempat, memungkinkan Anda menjangkau lebih banyak pelanggan. Anda bisa menyajikan makanan ringan, seperti burger, taco, atau makanan tradisional dengan sentuhan modern.

3. Healthy Bowl Bar

Food truck memiliki fleksibilitas dalam berpindah tempat, memungkinkan Anda menjangkau lebih banyak pelanggan. Anda bisa menyajikan makanan ringan, seperti burger, taco, atau makanan tradisional dengan sentuhan modern.

3. Healthy Bowl Bar

Tren makanan sehat semakin populer. Membuka usaha yang fokus pada smoothie bowls, salad bowls, atau poke bowls bisa menarik perhatian konsumen yang peduli kesehatan.

4. Artisan Coffee Shop

Fokus pada kopi dengan kualitas premium dan sajian yang artistik. Tambahkan menu specialty coffee, seperti cold brew, pour-over, dan kopi dengan teknik seduh manual.

5. Street Food Fusion

Gabungkan makanan jalanan dari berbagai negara untuk menciptakan menu yang unik dan menarik. Misalnya, tacos dengan isian khas Indonesia atau ramen burger.

6. DIY Dining Experience

Buka restoran yang pelanggan bisa meracik sendiri makanannya, seperti grill bar atau hot pot. Ini memberikan pengalaman interaktif yang menyenangkan bagi pelanggan.

7. Dessert Bar

Fokus pada makanan penutup seperti es krim, waffle, churros, atau cake. Berikan sentuhan kreatif pada penyajian dan rasa untuk membedakan dari yang lain. Pilih konsep yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda, serta sesuaikan dengan target pasar yang ingin dijangkau. Usaha F&B yang menarik tidak hanya menawarkan makanan enak, tetapi juga pengalaman yang unik bagi pelanggan.

Namun yang penting diperhatikan adalah jika ingin melakukan bisnis F&B, pelaku usaha harus mengikuti tren perkembangan teknologi dan digitalisasi di berbagai bidang. Salah satu teknologi yang dapat mendukung usaha kuliner adalah menggunakan software pintar yang dihadirkan oleh Ideku, berada di bawah naungan PT Ide Inovasi Nusantara. Anda bisa menggunakan software POS inovatif yang didesain khusus untuk mempermudah pengelolaan bisnis Food and Beverage. Software ini menjadi andalan para pengusaha F&B dalam mengoptimalkan operasional dan efisiensi bisnis mereka. Berbasis di Singapura, solusi software pintar ini dapat membantu para pemilik usaha kuliner, baik dalam skala kecil maupun besar, menjadi lebih mudah. 

"Mulai dari pengelolaan kasir, pemesanan, pencatatan transaksi, hingga manajemen pelanggan, semua terintegrasi dalam satu platform. Dengan teknologi kasir digital yang telah terintegrasi, Anda dapat menghemat biaya dan waktu, serta meningkatkan kualitas layanan bagi pelanggan Anda," kata Reza, direktur Ideku.

Adapun beberapa produk unggulan seperti Idepos, Idefood QR, Idefood PDA, Ideque, Idekiosk, hingga Kitchen Display System (KDS) dan Expedite Display System (EDS) dirancang memberikan kemudahan dalam mengelola segala jenis bisnis F&B. Tidak hanya itu, sistem aplikasi kasir online berbasis Android memungkinkan pengguna mendapatkan data transaksi secara realtime dengan biaya yang lebih affordable. Selain itu, aplikasi Point of Sales (POS) Ideku sudah terintegrasi dengan GrabFood. Didukung dengan berbagai opsi pembayaran, menjadikan pengalaman belanja kuliner menjadi lebih mudah dan tanpa hambatan. 

"Kami menyediakan solusi lengkap untuk bisnis F&B. Selain dari sisi pemilik bisnis, produk kami dirancang untuk meningkatkan efisiensi dan kepuasan pelanggan. Kami percaya ini membantu efektivitas para pebisnis kuliner dalam mengembangkan bisnisnya,” katanya.

Editor : Chris

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut