get app
inews
Aa Read Next : Profil Presiden Iran Masoud Pezeshkian

Profil Menteri Investasi Rosan Roeslani

Senin, 19 Agustus 2024 | 14:30 WIB
header img
Profil Menteri Investasi Rosan Roeslani. (Foto: Raka Dwi Novianto)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Rosan Roeslani sebagai Menteri Investasi di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/8/2024). Rosan menggantikan Bahlil Lahadalia.

Reshuhffle Kabinet ini turut melantik Supratman Andi Agtas sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dan Angga Raka Prabowo juga dilantik sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo).

Lalu, siapkah sosok Rosan Roeslani? Berikut ulasannya. 

Profil Rosan Roeslani 

Pria kelahiran 31 Desember 1954 ini memiliki nama lengkap Rosan Perkasa Roeslani. Sebelum menjadi Ketua TKN Prabowo-Gibran, dia menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN bersama Kartika Wirjoatmodjo.

Rosan juga pernah menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Amerika Serikat (AS) ke-21 yang memulai jabatannya di Washington DC pada Desember 2021.

Jauh sebelum itu, Rosan diketahui memegang berbagai jabatan penting di Indonesia, antara lain sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2015-2021 dan juga Ketua Satuan Tugas Omnibus Law, hingga Chief de Mission (CDM) Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020.

Rosan juga pernah menerima bintang jasa Belgia (Commander in the order of Leopold II) pada 2017 atas perannya dalam memajukan hubungan bilateral Indonesia-Belgia khususnya di bidang kerja sama ekonomi.

Selain itu, Rosan dikenal sebagai salah satu pengusaha Indonesia. Rosan terjun ke dunia bisnis setelah lulus SMA, di mana dia merupakan pendiri PT Recapital Advisors pada tahun 1997, sebuah perusahaan penasihat keuangan.

Dia juga merupakan salah satu dari tiga pengusaha Indonesia yang pernah mengakuisisi klub sepak bola Italia, Internazionale.

Rosan juga pernah menempati peringkat 87 orang terkaya Indonesia versi Forbes pada tahun 2021 dengan nilai kekayaan 450 juta dolar AS atau setara Rp7 triliun.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut