get app
inews
Aa Read Next : Aksi Solidaritas Bela Palestina di Medan, Ribuan Umat Islam di Sumut Siap Boikot Produk Isreal

Amerika Dukung Israel, Kirim Bantuan Peralatan Militer Senilai Rp56 Triliun

Minggu, 11 Agustus 2024 | 16:35 WIB
header img
Amerika Dukung Israel, Kirim Bantuan Peralatan Militer Senilai Rp56 Triliun. (Foto: REUTERS/Amir Cohen)

WASHINGTON, iNews.id - Amerika Serikat akan terus mengirim bantuan persenjataan serta peralatan militer kepada Israel senilai 3,5 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 56 triliun kepada Israel di tengah perang jalur gaza. 

Dana itu merupakan sebagian dari total 14,1 miliar dolar bantuan untuk Israel yang telah disetujui oleh Kongres AS pada April lalu.

"Pada Kamis, 8 Agustus, Departemen memberitahu Kongres tentang rencana kami untuk mewajibkan 3,5 miliar Pendanaan Militer Asing Tahun Anggaran 2024 yang telah disetujui oleh Undang-Undang Anggaran Tambahan Keamanan Israel," kata seorang juru bicara Departemen Luar Negeri (Deplu) AS, dikutip dari Anadolu, Minggu (11/8/2024).

CNN sebelumnya melaporkan bukan hal aneh jika butuh waktu untuk mencairkan uang dari beberapa paket tersebut. Pendanaan tersebut dicairkan pekan ini, selain di tengah perang di Gaza juga menghadapi kemungkinan serangan dari Iran dan kelompok Hizbullah Lebanon.

AS menghadapi kritik keras karena memberikan bantuan militer kepada Israel untuk membantai warga Gaza. Serangan teranyar Israel menargetkan sekolah yang menampung para pengungsi pada Sabtu kemarin menewaskan sedikitnya 100 orang.

Pakar PBB mengungkap senjata yang digunakan Israel untuk menyerang Sekolah Al Taba'een, lingkungan Al Daraj, berasal dari AS dan Eropa.

Beberapa kelompok HAM dan mantan pejabat Deplu AS mendesak pemerintahan Presiden Joe Biden untuk menangguhkan pengiriman senjata ke Israel dengan alasan pelanggaran hukum internasional.

Sebanyak 12 mantan pejabat AS, termasuk dari deplu Josh Paul, Annelle Sheline, Stacy Gilbert, dan Hala Rharrit, mengatakan dalam pernyataan bulan lalu, kedok diplomatik AS dengan terus-menerus mengirim senjata ke Israel telah memastikan keterlibatan pemerintah yang tak terbantahkan dalam membunuh dan membuat kelaparan penduduk Gaza.

Editor : Chris

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut